UNG Perkenalkan Kitab Me'eraji ke Dunia Internasional

Oleh: Rachmad Hidayah . 26 Desember 2023 . 19:59:04

Universitas Negeri Gorontalo mulai memperkenalkan Kitab Me’eraji Nabi Muhammad SAW yang ditulis oleh Syech Ali Bin Abu Bakar Al Hasani yang dikenal dengan Bapu Ju Panggola dalam Go Abroad Fair, di Utrecht, Belanda yang dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 25 November 2023.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo mengatakan bahwa Universitas Negeri Gorontalo turut menyambut baik serta secara aktif ikut andil dalam mengorbitkan kitab Me’raji yang sekian ratus tahun belum ada yang menyempurnakannya agar dapat dinikmati oleh semua kalangan.

“Dengan segala potensi yang dimiliki Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai institusi perguruan tinggi, upaya menerbitkan kitab Me’eraji dan memperkenalkan ke dunia internasional merupakan suatu kebanggaan bagi UNG itu sendiri, sebab kitab Me’eraji adalah karya luar biasa yang bisa setara dengan kitab-kitab klasik terkenal lainnya”, ungkap Eduart.

Kitab Me’eraji merupakan suatu tradisi yang terbentuk secara gradual di Gorontalo, dan sewajarnya mendapatkan domain perlakuan yang lebih baik demi menjamin kekuatannya. Me’eraji merupakan pengejawantahan realitas spirit keagamaan yang terawat lewat pelantunan aksara Arab, tentang kisah perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang kemudian dibacakan dengan berbahasa Gorontalo.

Direktur Pusat Inovasi UNG Funco Tanipu, mengatakan bahwa Me’eraji merupakan karya ulama besar yang mesti bisa diwariskan secara turun temurun hingga ke generasi masa depan. Ada banyak hal yang disesuaikan didalamnya, dimulai dari pengumpulan teks Me’eraji dari lima wilayah adat dengan memperhatikan tendensi gaya penulisan dimasing-masing wilayah adat, penulisan kembali aksara pegon dan Latin, melakukan beberapa kali Focus Group Discussion (FGD) dengan seluruh pihak terkait, hingga sampai pada penerbitan sebagai bentuk akhir dari runtut proses pelaksanaannya.

“Penerbitan kitab Me’eraji yang dilakukan oleh UNG dalam rangka membuat kitab lebih mudah dibaca dan di akses oleh semua kalangan. Selama ini hanya bisa dibaca serta dilantunkan oleh kalangan tertentu saja. Dalam edisi terbaru, sebagai ihktiar keilmuan oleh UNG, sentuhan yang dilakukan daiantaranya penyatuan lima teks (kitab) yang berbeda sesuai dengan lima wilayah adat yang berlaku, yaitu teks Hulontalo, Limutu, Suwawa, Tapa Bolango, dan Atinggola dengan pendampingan para ahli dibidangnya serta pembagian lebih detail dalam struktur penulisan bab hikayat dan juga dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Funco melanjutkan hal ini dimaksudkan agar kitab Me’eraji benar benar dimiki masyarakat sebagai Domain Publik, sehingga kitab ini dapat menjadi spirit bagi seluruh lapisan masyarakat Gorontalo untuk menjamin eksistensinya dan warisan luhur ini mampu berkelindan dalam wacana internasional” Jelas Funco.

Dalam penyuntingan Kitab ini, tim editor terdiri dari Funco Tanipu, Mansur Martam, Man Muhammad, Abdul Wahab Thomas, dan Kiki Hanafi. Proses pengumpulan, penyusunan, hingga kitab ini siap terbit memakan waktu lebih dari satu tahun.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0