MBKM Pemilu UNG Bakal Laksanakan Tujuh Program Kegiatan di Desa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 Januari 2024 . 11:35:51

GORONTALO – Program MBKM pemilu proyek di Desa yang dilaksanakan UNG, akan fokus dalam pendidikan politik dan pengawasan partisipatif Pemilu tahun 2024. Dalam program MBKM pemilu UNG berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo, bakal melaksanakan tujuh program kegiatan untuk desa tempat pelaksanaan MBKM pemilu.

“Program kegiatan pertama yakni melakukan agitasi pemilih, dengan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya serta mengajarkan bagaimana cara memilih nanti khususnya bagi pemilih pemula,” ungkap Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T.

Menurut rektor nantinya mahasiswa akan melakukan pengawasan pemilu di wilayah masing-masing. Selain itu melakukan rekrutmen relawan pemilu berintegritas, dimana setiap mahasiswa melakukan perekrutan di wilayah masing-masing sebanyak 15 orang relawan.

“Mahasiswa juga melakukan kampanye masal pemilu berintegritas. Kampanye tersebut dilakukan melalui media sosial, melalui postingan serentak pada tanggal 6-10 Februari 2024. Program kegiatan juga melakukan pendataan tokoh berpengaruh setiap desa oleh mahasiswa,” jelasnya.

Pada masa tenang pemilu nanti, mahasiswa juga melaksanakan program kegiatan membantu KPPS dan PANWAS TPS untuk memastikan undangan, logistik pemilu dan TPS kondusif. Khusus pada hari pelaksanaan pemilu 2024, mahasiswa akan menggunakan hak pilihnya serta mengawal hasil perhitungan, melaporkan hasil perhitungan serta membantu KPPS dalam tugas lainnya.

“Dalam MKMB pemilu mahasiswa bertugas melaksanakan program yang harus dilaksanakan, dan tidak dibenarkan melaksanakan program perdesa secara pribadi. Nantinya Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) akan memastikan bahwa tujuh program yang diberikan universitas dapat dilaksanakan mahasiswa,” pungkasnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0