SDGS Center UNG Perkuat Kapasitas Manajemen Proyek Melalui Kerjasama Pemerintah Jerman

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Maret 2022 . 09:43:45

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo melalui kepemimpinan Dr. Ir. Eduart Wolok,S.T, M.T sebagai Rektor UNG terus berupaya membangun kemitraan dengan berbagai stakeholder baik di dalam maupun di luar negeri untuk turut serta dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). Salah satu upaya ini terlihat dalam bentuk kerjasama antara pemerintah Jerman melalui GIZ dengan SDGs Center UNG yang terjalin sejak akhir tahun 2020.  Dalam rangka dukungan pemerintah Jerman melalui GIZ Project SDGs SSTC kepada UNG melalui SDGs Center UNG, maka  GIZ SDGs SSTC memberikan pendampingan bersifat Coaching dan Advising kepada SDGs Center UNG. Penguatan kapasitas terhadap SDGs Center ini didampingi oleh SustaIN sebagai nasional expert yang ditunjuk oleh GIZ  untuk fokus melakukan pendampingan terkait Project Management dan project cycles melalui kegiatan review proses dan kapasitas project management saat ini yang ada di SDGs Center UNG.

Pendampingan juga memberikan penguatan tentang bentuk dan proses pengawasan atau pengendalian project, prinsip tata kelola dan pengelolaan project terkait SDGs berjalan efektif, efisien dan berintegritas. 

Disamping itu materi pendampingan yang cukup penting bagi SDGs Center juga adalah pendampingan teknik penyusunan proposal pencapain SDGs untuk mendapatkan dukungan mitra dalam pola kemitraan Multi-Stakeholders Partnership (MSP) baik dengan pihak pemerintah, organisasi non pemerintah, pihak swasta (perusahaan), filantropi, organisasi internasional dan entitas lainnya yang berpotensi secara langsung mendukung pencapaian SDGs. 

Ketua SDGs Center UNG Dr Raghel Yunginger, M.Si menyampaikan bahwa pendampingan diberikan oleh SustaIN dengan pematerinya Ibu Puline Arifin, SE, M.COMM dan Ibu Dwi Siska, SH, MH, JSD, selama dua hari ini (10-11 Maret 2021) yang melibatkan juga peserta dari pusat-pusat Studi di LPPM UNG. Dampak pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan tim SDGs Center dalam  pemahaman Project Management mulai perencanaan yang SMART, Pelaksanaan, Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi, serta draf proposal dalam bentuk Fundraising terhadap tim SDGs Center dan pusat-pusat studi. 

"Tindak lanjut kegiatan ini adalah final usulan kerjasama dalam bentuk Fundraising dengan mitra MSP baik di dalam maupun luar negeri yang mendukung pencapaian target SDGs," jelasnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0