Wakil Rektor Bidang Akademik Kunjungi Lokasi MBKM Terintegrasi KKN di Kabupaten Bone Bolango

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Oktober 2023 . 19:04:21

Pelaksanaan KKN Terintegrasi MBKM Periode III Tahun 2023 Universitas Negeri Gorontalo berlangsung sejak pertengahan Agustus 2023 dan akan berakhir di bulan Desember 2023. Untuk memantau pelaksanaan program MBKM Mahasiswa UNG di desa maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bersama Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Negeri Gorontalo mengadakan Monev kunjungan lapangan pada hari Senin, 30 Oktober 2023.

Tim Monitoring dan Evaluasi dari LPPM UNG telah dibagi dalam beberapa tim, diantaranya Tim Monev Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato. Di Kabupaten Bone Bolango, Tim Monev yang diketuai oleh Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si bersama anggota mengunjungi Desa Mopuya, Mamungaa Timur, Kaidundu, Patoa, Tihu, Uabanga, Inomata, Tulabolo Barat dan Desa Biluango. 

Desa Kaidundu dan Desa Tihu menjadi lokasi kunjungan WR1, Dr. Harto Malik, M.Hum. Di Desa Kaidundu, mahasiswa membuat olahan berbahan dasar hasil laut berupa sambal cumi-cumi. "Selain pengemasannya yang baik, diharapkan ada tambahan informasi berupa komposisi dan tanggal kadaluarsa dari produk. Khususnya sambal biasanya ada tambahan level kepedasan” saran Harto “Pencantuman komposisi produk itu penting sebab akan memberikan banyak informasi bagi konsumen. Dengan melihat komposisi pada kemasan, pembeli bisa melihat apakah produk tersebut bagus atau tidak untuk dibeli sebab pertimbangan kesehatannya” jelasnya.

Setiap mahasiswa peserta MBKM wajib melaporkan apakah sudah sinkron antara capaian pembelajaran kegiatan MBKM dengan mata kuliah yang dikonversikan oleh mahasiswa. WR1 Dr. Harto Malik, M.Hum dan Tim tidak hanya melakukan monitoring, tapi juga melaksanakan evaluasi dengan mendengarkan pendapat dari mahasiswa terkait kendala yang terjadi selama menjalankan Program MBKM. Apabila terdapat beberapa hal yang perlu dikonfirmasi kendalanya, maka baik dari Tim Monev LPPM dan WR1 akan membantu mahasiswa dalam mengatasi kendala yang terjadi.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiwa peserta MBKM Terintegrasi KKN dapat berinovasi dan berkembang dalam melaksanakan program di desa serta menjadi pembelajaran yang bermanfaat guna mengetahui pengimplementasian dari mata kuliah yang diambil di bangku perkuliahan pada dunia kerja/masyarakat.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0