UNG Pelopori SMART Card Library

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 Oktober 2015 . 15:13:03

GORONTALO – Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo kembali membuat terobosan inovatif dalam mempermudah mahasiswa dalam memperoleh bahan bacaan sebagai media pembelajaran. Terobosan yang dilakukan tersebut diwujudkan dengan penerapan SMART Card Library.

Direktur Perpustakaan Pusat UNG Dr. Arifin Tahir, M.Si menjelaskan, Kartu SMART Card Library merupakan program kartu perpustakaan UNG yang berbasis Aplikasi Teknologi Informasi dengan menggandeng seluruh perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan UNG.

“SMART itu sendiri merupakan akronim dari Search, Morality, accountability, Retionality dan Totality, yang melambangkan budaya akademik UNG,” ungkap Arifin yang juga menjabat sebagai Ketua FPPTI Prov. Gorontalo.

Dijelaskan Arifin dengan menerapkan SMART Card Library, akan memudahkan para mahasiswa untuk dapat mengakses bahan bacaan yang dimiliki Perguruan Tinggi yang tergabung dalam FPPTI Prov. Gorontalo.

“Mahasiswa UNG yang ingin meminjam buku di Perguruan Tinggi lain akan diberikan akses dengan memiliki kartu ini, asalkan perguruan tinggi bersangkutan juga telah menerapkan sistem SMART Card Library,” ungkap Arifin.

Sistem SMART Card Library ini kata Arifin ini nantinya akan di launching FPPTI Prov. Gorontalo pada tanggal 17 Oktober 2015, bertepatan dengan agenda Seminar Nasional Perpustakaan. Diharapkan melalui system ini, akan menghilangkan gap antar perpustakaan dari setiap Universitas di Gorontalo. Karena mahasiswa manapun akan bisa saling mengunjungi antar Perguruan Tinggi yang satu dengan yang lainnya.

“Program Ini juga merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa terkait dengan bahan bacaan. Selain itu juga, setiap perguruan tinggi di Gorontalo dapat saling bahu membahu membangun Gorontalo melalui pemenuhan kualitas SDM masyarakat,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0