UNG Menuju Pengelolaan Arsip Profesional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 Oktober 2018 . 10:07:49

 

GORONTALO - Pengelolaan arsip terus gencar dipermantap oleh UPT. Kearsipan sebagai upaya mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional. Selelah sebelumnya melakukan Sosialisasi Pengelolaan Arsip, kali ini UPT. Kearsipan fokus dalam penguatan pengelolaan arsip melalui Workshop Instrumen Kearsipan Perguruan Tinggi, Minggu (8/10), di Arthama Hotel Makassar.

Kepala UPT. Kearsipan UNG Dra. Masita Kadir, M.Pd, menjelaskan, melalui workshop UPT. Kearsipan berupaya memperkuat kualitas pengelolaan arsip melalui penguatan instrumen-instrumen ysng berkaitan langsung dengan pengelolaannya. Baik itu menyangkut instrumen klasifikasi arsip, standar operasioan pelaksanaan arsip serta pengelolaan tata naskah dinas di lingkungan UNG.

Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, memberikan dukungan atas konsistensi UPT. Kearsipan dalam memperkuat eksistensi pengelolaan arsip di UNG. Menurut Rektor pengelolaan arsip tidak hanya penting untuk pribadi maupun institusi. Karena arsip dapat dimaknai sebagai penyimpan jejak sejarah.

"Pengelolaan arsip itu penting karena manfaanya ysng begitu besar bagi institusi. Olehnya dibutuhkan pengelola yang telaten dan ahli untuk mengelola penyimpanan dan mengklarifikasinya," terang Rektor.

 

 

Dalam kesempatan tersebut Rektor mendorong UPT. Kearsipan UNG untuk dapat menerapkan pengelolaan arsip yang lebih dinamis, sesuai dengan perkembangan jaman khususnya dalam pemanfaatan teknologi.

"Dengan memanfaatkan teknologi diharapkan saling terkoneksi dengan seluruh unit, sehingga pengelolaan serta pemanfaatan dokumen arsip akan lebih muda. Dan sudah seharusnya UNG menuju kearah itu," harapnya.

Pelaksanaan Workshop instrumen kearsipan perguruan tinggi di lingkungan UNG menghadirkan pemateri dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yakni Nani Suryani selaku Kepala Sub Bagian Persuratan dan Kearsipan. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0