UNG Ketambahan Doktor Lulusan Luar Negeri

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Februari 2016 . 08:33:00

 

GORONTALO – Diawal tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo terus memperkuat kualitas barisan tenaga pendidik di lingkungannya, dengan bertambahnya satu lagi tenaga pendidik yang berhasil merengkuh gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) yang merupakan gelar Doktoral dari pendidikan luar negeri. Dialah Drs. Usman Samatowa, M.Pd, Ph.D, yang pada 3 Februari 2016 telah resmi menyandang gelar S3.

Selama menempuh pendidikan di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Usman fokus dalam memperdalam pengetahuannya dibidang pendidikan biologi, dengan judul disertasi tentang Inovasi menggunakan Herbarium dalam pembelajaran IPA.

“Penerapan disertasi yang saya lakukan lebih fokus pada inovasi pembelajaran khususnya pada pelajaran IPA,” ungkap Usman.

Menurut Usman, melanjutkan studi ke luar negeri khususnya merupakan pengalaman yang menurutnya sangat berharga. Selain bisa menempuh pendidikan dibawah bimbingan para ahli dari Universitas terkemuka di Malaysia, Ia juga bisa saling sharing pemikiran terkait banyak hal dengan mahasiswa lainnya yang sebagian besar merupakan tenaga pendidik dari Perguruan Tinggi lain di luar negeri.

Usai kembali aktif sebagai tenaga pendidik di Kampus Merah Maron, Usman memiliki keinginan untuk dapat menerapkan inovasi pembelajaran yang ia dapatkan selama menempuh studi di luar negeri, tidak hanya kepada mahasiswa namun juga kepada dosen lainnya.

“Insya allah apa yang telah saya dapatkan selama menempuh pendidikan doktoral dapat bermanfaat untuk orang lain. Saya berkeinginan untuk terus mengembangkan inovasi pembelajaran tersebut melalui salah satu implementasi tri dharma perguruan tinggi dibidang penelitian,” terang Usman. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0