UNG Kembali Laksanakan Ibadah Qurban

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 25 September 2015 . 15:51:00

GORONTALO – Sebagai salah satu ibadah pada perayaan Idul Adha 1436 H, Jajaran Civitas Akademika Universitas Negeri Gorontalo kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 24 ekor hwan qurban yang terdiri dari 22 ekor sapi dan 4 ekor kambing, Jumat (26/9). Pemotongan hewan qurban ditandai dengan penyerahan pisau pemotongan oleh Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Mahludin Baruadi, M.P, kepada panitia pelaksana Qurban.

Panitia penyembelihan hewan qurban Gasim Hamidun, S.Pd, mengatakan penyembelihan hewan qurban merupakan salah satu agenda tahunan yang rutin dilaksanakan civitas akademika UNG. Seluruh hewan Qurban ini kata Gasim, berasal dari para pejabat dan pegawai yang ada di kampus.

“Untuk hari ini 12 ekor akan disembelih, dan sisanya akan dituntaskan pada hari sabtu,” kata Gasim.

Lebih lanjut Gasim menjelaskan, seluruh daging hewan qurban nantinya akan dibagikan kepada seluruh civitas akademika UNG. Selain itu juga sebagian akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus yang dianggap layak untuk memperoleh.

“Seluruh pembagian akan dikoordinir langsung oleh panitia. Dan akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak,” terang Gasim.

Sementara itu Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd menapresiasi langkah civitas akademika yang turut berkontribusi melaksanakan ibadah qurban tahun ini. Meski jumlahnya agak sedikit berkurang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Rektor berharap hal tersebut tidak akan mengurangi makna serta pahala dari ibadah qurban.

“Insya Allah ditahun mendatang jumlahnya hewan qurban akan lebih meningkat lagi, dan hal tersebut membutuhkan partisipasi seluruh civitas akademika. Karena berqurban bukan hanya perintah agama namun juga bernilai pahala bagi yang melakukan,” tutur Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0