UNG Jalin Kerjasama Dengan Universitas Colorado Boulder dan 6 Perguruan Tinggi Nasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 September 2017 . 09:18:00

 

GORONTALO – Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dibidang riset menjadi salah satu fokus Universitas Negeri Gorontalo dalam mewujudkan visi leading University ditahun 2035. Untuk mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas dibidang riset, UNG menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi asal Amerika Universitas Colorado Boulder dengan enam Perguruan Tinggi lainnya, yakni Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Universitas Muhammadiah Gorontalo (UMG).

Kerjasama antara UNG dengan enam Perguruan Tinggi Nasional dan satu Perguruan Tinggi asal Amerika tersebut, merupakan kolaborasi riset dalam wadah Center For Development of Sustainable Region (CDSR) dengan topik Environment, Energy and Maritime Science. Program hibah yang diluncurkan pada Maret 2017 oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan Pemerintah Amerika Serikat, tersebut diberi nama USAID’s Sustainable Higher Education Research Alliances (USAID SHERA) dengan nilai Hibah yang mencapai 20 juta dolar dimana UGM sebagai lead program.

Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi ini ditujukan untuk meningkatkan jumlah penelitian-penelitian bertaraf Internasional di perguruan tinggi di Indonesia dibidang lingkungan dan keberlanjutan energi terbarukan. Kegiatan riset akan dilakukan selama 4 (empat) tahun di UNG dengan tim management adalah dosen Fak. MIPA yakni Dr. Yuszda K. Salimi, M. Si dan Dr. Yayu Arifin, M.Si.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, menungkapkan, kerjasama ini merupakan langkah strategis bagi UNG dalam melakukan akselarasi dalam menghasilkan penelitian bertaraf internasional.

“Melalui program ini diharapkan para peneliti di lingkungan UNG dapat melakukan penelitian secara terus-menerus, sehingga mampu meningkatkan kompetensi, menghasilkan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan daya saing, jumlah artikel ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi maupun terindeks,” harap Rektor. 

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0