UNG Jalin Kerja Sama Pengembangan Teluk Tomini dengan Dewan Riset Belanda NWO

Oleh: Rachmad Hidayah . 28 Desember 2023 . 13:03:52

Universitas Negeri Gorontalo sebagai inisiator pengembangan Kawasan Teluk Tomini terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik di dalam dan luar negeri untuk terus mengembangkan potensi Kawasan Teluk Tomini. Salah satu lembaga internasional yang bekerja sama dengan UNG adalah Dewan Riset Belanda NWO. Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat implementasi pengembangan Teluk Tomini.

Dalam pertemuan dengan NWO pada Kamis, 23 November 2023 di Den Haag, Netherlands, Rektor UNG, Prof. Dr. Eduart Wolok, ST, MT, IPM. menyepakati Riset dan Kolaborasi bidang Regional Planning sebagai pintu masuk kerja sama UNG dengan para pihak di Belanda. Hal ini bertujuan agar pengembangan Teluk Tomini didasarkan pada hasil riset multi-disiplin untuk menghasilkan masterplan yang komprehensif bagi Teluk Tomini.

"Teluk Tomini harus dikembangkan berbasis riset komprehensif, sehingga dasar dan arah pembangunan di kawasan akan kuat dan berkelanjutan", ungkapnya.

Eduart menjelaskan bahwa upaya ini juga untuk makin mematangkan persiapan Teluk Tomini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Berbasis Perdesaan pertama di Indonesia.

“Kolaborasi dengan para pihak di Belanda melalui NWO dipilih karena pengalaman panjang Belanda dalam mengembangkan teknologi tepat guna untuk potensi laut dan pertanian berbasis komunitas di negeri kincir angin ini”, ujarnya.

Selain itu, komitmen UNG bersama pemerintah daerah di kawasan Teluk Tomini untuk menjadikan Tomini sebagai hub perdagangan Asia Pasifik akan semakin mudah melalui studi tiru di Belanda yang telah lama menjadikan Rotterdam sebagai Hub perdagangan dan supply chain Eropa dan dunia.

"Ini tentu akan butuh waktu panjang, tetapi kita bisa melihat langsung tahapan-tahapan yang mereka lalui untuk kemudian kita adjust sesuai dengan konteks dan kebutuhan kita di kawasan", pungkasnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0