UNG dan Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Teken Kerja Sama Pengembangan Kurikulum Anti Radikalisme

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Februari 2021 . 13:40:23

 

GORONTALO - Dalam rangka antisipasi potensi radikalisme di kalangan pelajar, Universitas Negeri Gorontalo dan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo sepakat bekerjasama dalam pengembangan kurikulum yang moderat dan anti radikalisme.

Alasan kedua lembaga ini terkait data Badan Nasional Penanggulangan Terorisme yang menyebut Gorontalo berada pada peringkat lima besar daerah yang berpotensi berkembangnya radikalisme. Dalam pada itu, Rektor Universitas Negeri Gorontalo dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Gorontalo menandatangani perjanjian kerja sama pada Kamis (18/2), di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Gorontalo.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT., mengatakan bahwa pada semua tingkatan lembaga pendidikan baik itu sekolah maupun perguruan tinggi tidak boleh berkembang virus radikalisme, sehingga sangat dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas antar lembaga agar bisa menguatkan persaudaraan, dan toleransi dapat dijalankan.

"UNG sementara mengembangkan model Desa Pancasila sebagai model pengelolaan keberagaman dan reproduksi nilai Pancasila dikalangan desa. Agenda ini adalah praktik pembumian nilai-nilai Pancasila di unit terkecil negara. Kami berharap agar kerjasama ini bisa lebih menambah kekuatan untuk menangkal radikalisme. Apalagi ada data survey Alvara yang menyebut sekitar 23 % pelajar yang terpapar paham radikal", ungkap Eduart.

Lebih lanjut Eduart mengatakan model Desa Pancasila akan dikembangkan dan disisipkan pada muatan kurikulum yang diberdayakan.

"Anak didik kita memiliki bekal untuk dapat melihat Indonesia yang Bineka Tunggal Ika sebagai satu kesatuan tanpa perlu menghilangkan jati diri kita", jelas Eduart.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0