UNG Bakal Jadi Kampus Negeri Pertama di Indonesia Timur dengan Prodi S1 Kebidanan

Oleh: Rachmad Hidayah . 5 Januari 2024 . 18:51:47

Gorontalo - Fakultas Kedokteran UNG saat ini tengah mempersiapkan kehadiran Prodi S1 Kebidanan. Kehadiran Prodi tersebut akan menjadikan UNG kampus negeri pertama dengan Prodi S1 Kebidanan di Indonesia Timur.

Plt. Dekan Fakultas Kedokteran UNG Dr. dr. Cecy Rahma Karim, Sp.GK. pada Rapat Kerja Fakultas Kedokteran yang dilaksanakan pada Jumat, 5 Januari 2023 mengatakan bahwa bidan adalah salah satu tenaga kesehatan yang ada dalam sistem kesehatan.

“Bidan memiliki posisi strategis dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) dalam upaya peningkatan kualitas hidup perempuan serta upaya pemenuhan hak individu (masyarakat) untuk mengatur kehidupan reproduksinya, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya perempuan dan anak”, jelasnya.

Cecy menilai kehadiran Prodi S1 Kebidanan UNG akan membantu untuk mengatasi persoalan kesehatan khususnya di Kawasan Teluk Tomini yang merupakan fokus UNG sebagai “The Engine of Tomini Bay.

“Prodi S1 Kebidanan UNG memiliki visi untuk menghasilkan bidan yang profesional dan unggul dalam penanganan kegawatdaruratan pada perempuan selama siklus reproduksi berbasis Continuity of Care (CoC) di Kawasan Indonesia Timur”, ungkapnya.

Cecy melanjutkan, untuk membuka Prodi S1 Kebidanan, UNG telah memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan fasilitas yang dapat menunjang kehadiran Prodi tersebut. UNG juga telah memiliki tenaga pengajar dengan kualifikasi doktor untuk prodi tersebut.

“Berdirinya Prodi S1 Kebidanan di bawah naungan Fakultas Kedokteran merupakan saran dari asosiasi bagi perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran. Dari segi sumber daya manusia Fakultas Kedokteran UNG juga memiliki Spesialis Obgyn (Sp.OG) dan Spesialis Anak (Sp.A) serta spesialis Gizi.

Cecy juga menambahkan bahwa tantangan krisis stunting di Teluk Tomini membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni, dan Fakultas Kedokteran UNG menjadi wadah untuk menghasilkannya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0