UNG Bakal Bangun Perpustakaan Berkonsep Mall

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Oktober 2015 . 08:22:15

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd menyerahkan secara simbolis SMART Card Library kepada sejumlah perwakilan Perguruan Tinggi (PT) se Prov. Gorontalo, Sabtu (17/10). SMART Card Library merupakan inovasi UNG dalam mempermudah akses ke sejumlah perpustakaan PT di Gorontalo yang menjalin kerjasama dengan UNG. (Foto:Humas/Ismet/Rachmad)

GORONTALO – Dalam menarik minat masyarakat serta mahasiwa dalam menjadikan perpustakaan sebagai sarana yang menarik dan nyaman, Universitas Negeri Gorontalo akan mengembangkan Perpustakaan mahasiswa yang representatif dengan mengusung konsep pengelolaan seperi Pusat Perbelanjaan atau Mall. Hal tersebut dikemukakan Rektor UNG Prof. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat membuka kegiatan Seminar Nasional Perpustakaan, Sabtu (17/10).

“Desain perpustakaan saat ini jangan lagi hanya berbicara tentang buku saja, namun juga segala fasilitas penunjang yang menarik minat serta membuat masyarakat untuk datang ke Perpustrakaan,” ungkap Rektor.

Dengan mengusung konsep seperti Mall, perpustakaan kedepan dapat dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pusat perbelanjaan, café, restoran serta fasilitas untuk refreshing. Menurut Rektor, moderenisasi konsep perpustakaan sudah seharusnya dilakukan oleh perguruan tinggi. Karena saat ini image Perpustakaan dikalangan masyarakat terutama mahasiswa adalah tempat yang kurang menarik untuk dikunjungi.

Untuk itu dalam menarik minat masyarakat dibutuhkan kreasi serta inovasi dari pengembangan perpustakaan itu sendiri. “Perpustakaan harus menjadi salah satu tempat favorit mahasiswa, untuk itu harus disediakan berbagai fasilitas yang membuat mereka nyaman dan betah untuk berlama-lama di Perpustakaan,” terangnya.

Selain itu, pengembangan Perpustakaan kata Rektor juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM pengelola dari perpustakaan, karena dengan komposisi baiknya fasilitas dan didukung SDM yang baik tentunya Perpustakaan akan semakin baik lagi.

“Insya Allah keinginan tersebut akan direalisasikan seiring dengan pembangunan kampus baru di Kab. Bone Bolango,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0