Tingkatkan Kualitas Penyaluran Listrik, PT. PLN Gandeng Fakultas Teknik UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Februari 2018 . 09:34:00

 

GORONTALO – Dalam upaya peningkatan kualitas layanan penyediaan listrik, PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa menggandeng Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, sebagai mitra melalui jalinan kerjasama.

Kerjasama antar kedua lembaga tersebut mencakup penelitian struktur tanah dan konsultansi konstruksi sipil instalasi sistem kelistrikan Gorontalo. Ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman kerjasama Manajer PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa Sugeng Hidayat, ST dengan Dekan Fatek Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, Rabu (21/2), di Aula Fatek.

Manajer PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa Sugeng Hidayat, ST mengungkapkan, upaya memenuhi ketersediaan aliran listrik kepada masyarakat merupakan salah satu tantangan berat dari PT.PLN. Untuk mewujudkannnya PT.PLN membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya Perguruan Tinggi.

“Kerjasama ini telah diwacanakan sejak tahun lalu dan baru bisa terealisasi ditahun ini. Diharapkan dengan kolaborasi antara akademisi dan ilmu praktis dapat menjadi satu kesatuan yang kuat, dalam upaya peningkatan kulitas layanan penyediaan listrik bagi masyarakat,” ungkap Sugeng.

Salah satu tugas PT.PLN menurut Sugeng adalah memastikan distribusi dan penyaluran sistem kelistrikan ke masyarakat melalui tower. Untuk itu dibutuhkan pengkajian melalui penelitian akademis, dalam memastikan struktur tanah dan konstruksi yang nantinya akan menopang tower listrik milik PT.PLN.

“Struktur tanah dan konstruksi sangat vital perannya dalam penyaluran listrik melalui tower. Sehingga kajian dari para akademisi sangat penting untuk memastikan struktur tanah dan konstruksi layak untuk pembangunan tower penyalur listrik,” jelasnya.

 

 

Sementara itu Dekan Fatek Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, menyabut baik terealisasinya kerjasama antara Fatek dengan PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo AP2B Sistem Minahasa. Menurut Hidayat, Fatek memiliki komitmen besar dalam mendukung upaya PT. PLN dalam meningkatkan kualitas penyediaan listrik bagi masyarakat khususnya di Gorontalo.

“Dalam kegiatan riset ini diharapkan tidak hanya melibatkan dosen namun juga para mahasiswa, karena ini juga sebagai wadah untuk meningkatakn kapasitas dan kemampuan mahasiswa. Melalui kerjasama ini, Fatek akan memberikan dukungan penuh bagi PT.PLN,” tandas Hidayat. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0