Tingkatkan Kapasitas Pertanian, Pemkab Gorontalo Gandeng Fakultas Pertanian UNG

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 Agustus 2022 . 10:57:52

GORONTALO - Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo, melaksanakan kerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dan Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, dalam rangka meningkatkan kapasitas staf pemerintahan. Ini terlihat dari kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas staf pemerintahan tentang Standar Operating Procedure - Good Agricurtural Practices (SOP-GAP) Komoditi Pisang Gapi, The Development Of Integrated Farming System At Upland Areas (Upland Project).

Ketua Panitia pelaksana, Dr. Nurdin, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai wadah dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan pertanian terutama bagi staf/aparatur pemerintah untuk pendampingan bagi petani dalam budidaya pisang gapi. Merumuskan SOPD yang sesuai dengan standar GAP Global Khususnys komoditi pisang gapi agar kedepan dapat memenuhi standar kualitas dan kuantitas baik pasar domestik maupun pasar ekspor. Sebagai bentuk kemitraan kelembagaan stakeholder pertanian dalam menunjang program pemerintah dalam upaya pemberdayaan petani.

"Luaran yang kita harapkan adalah terlatihnya 44 orang aparatur pemerintah yang telah mengikuti pelatihan penyusunan SOP Komoditi pisang Gapi sesuai dengan standar GAP. Tersusunnya dokumen SOP Komoditi pisang Gapi sesuai dengan standar GAP yang akan menjadi pedoman bagi pihak-pihak yang membutuhkan dalam hal pembangunan budidaya pisang Gapi, serta adanya kolaborasi dan kerjasama kelembagaan pertanian antara District Project Impelemtation Unit (DPIU) UPLAND Project Kabupaten Gorontalo dan Distan provinsi Gorontalo dengan Faperta UNG," ujarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof. Dr. Nelson Pomalingo, dan memberikan apresiasi dengan apa yang dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian UNG yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dan Dinas Pertanian Kota Gorontalo. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0