Tim PKM UNG-UMGo Laksanakan Pelatihan Manajemen Kelembagaan Pokdarwis Desa Bongo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 26 September 2022 . 06:16:54

GORONTALO - Tim Program Kemitraan Masyarakat melalui pendanaan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, kini melaksanakan program pengembangan Desa Wisata Religi berbasis Community Based Tourism (CBT) dan Digital Marketing melalui kegiatan Pelatihan Manajemen Kelembagaan Kelompok Sadar Wisata.

Pelatihan dilaksanakan tanggal 24 September 2022 bertempat di Aula kantor Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kab. Gorontalo. Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program PKM yang memiliki tujuan untuk keberlanjutan program setelah PKM selesai. Hal ini dijelaskan oleh ketua Tim PKM Jafar Lantowa, S.Pd.,M.A. bahwa pelatihan ini merupakan program PKM yang berrtujuan melatih pengurus Pokdarwis yang menjadi mitra PKM untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Pokdarwis dalam mengelola manajemen destinasi wisata Desa Bongo melalui pemasaran digital dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata religi Bongo.

Lebih lanjut Ketua Pokdarwis Muhlis Panai, S.H. menyambut baik kegiatan ini, karena dengan adanya pelatihan menjadi sebuah bentuk perhatian akademisi dari perguruan tinggi untuk pengembangan Desa Wisata Religi Bongo.

"Ini sangat bermanfaat dan dapat memotivasi pengurus Pokdarwis untuk terus menata struktur dan menghidupkan kembali semua program untuk pengembangan desa wisata religi Bongo," terangnya.

Pelatihan manajemen lembaga Pokdarwis menghadirkan narasumber ketua tim PKM dan Ketua Pokdarwis. Dalam proses pelaksanaan pelatihan, berlangsung diskusi terkait pengelolaan manajemen lembaga mulai dari pembenahan struktur Pokdarwis, program kerja, dan rancangan realisasi program kerja terutama terkait dengan pemasaran destinasi wisata Bongo melalui Digital Marketing. Pelatihan ini diharapkan bisa membantu harapan jangka panjang dalam mewujudkan Desa Bongo sebagai Desa Wisata Internasional. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0