Tim IT kembangkan Aplikasi Vidcon "UNG Berdarma"

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Agustus 2021 . 18:02:47

GORONTALO - Tim IT Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah mengembangkan sebuah aplikasi video conference (Vidcon) yang diberi nama "UNG Berdarma" (UNG Bekerja dari Rumah, red).

Aplikasi ini dikembangkan untuk mengoptimalkan pelayanan dan aktivitas yang bersifat urgent lainnya di internal kampus menyusul adanya pemberlakuan pembatasan maksimal. Bermodalkan server cloud dengan processor quadcore, memory 8 GB dan haarddisk 200 GB serta teknologi BBB, Tim IT UNG mengembangkan sistem pekerjaan tatap muka online yang bisa digunakan 24 jam dengan berbagai room yang bisa diguakan oleh semua unit kerja di UNG

Sebelumnya, sebagai upaya mitigasi dan menekan penyebaran Covid-19, Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST., MT, memang telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 1421 tentang Pemberlakuan Kebijakan Bekerja dari Rumah (BDR) dan telah diperpanjang SE Nomor 1521 Tahun 2021, tertanggal 30 Juli 2021.

Pembatasan maksimal ini telah berlangsung lebih dari sebulan. Kendati aktivitas di kampus dibatasi dan sepi, kondisi ini tak harus membuat orang-orang jadi pasrah. Sistem pelayanan perguruan tinggi harus tetap berjalan.

Pada Rapat Pimpinan lingkungan UNG, Rektor UNG menyampaikan bahwa terobosan dengan menghadirkan aplikasi Vidcon "UNG Berdarma" ini adalah untuk menjaga kondisi para dosen, Tendik dan juga mahasiswa di UNG agar tetap bisa menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor menyampaikan BDR 100 persen yang sudah berlangsung selama seminggu, dimaksudkan untuk menstrilkan kampus, sekaligus penyemprotan disinfektan di lingkungan kampus UNG.

"Untuk aktivitas yang bersifat urgent tetap akan kita laksanakan. Dan pihak kampus juga menyiapkan berbagai aplikasi video conference baik yang diciptakan UNG dan juga aplikasi lainnya yang memiliki fungsi serupa," kata Rektor.

Selain UNG Berdarma, unit kerja lain seperti Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) juga telah menyediakan Sistem Informasi Pelayanan melalui website simpel.bakp.ung.ac.id untuk pelayanan akademik mahasiswa seperti pengajuan cuti kuliah. Semuanya diproses secara online dari proses pengajuaan, disposisi dan penyelesaiannya. Begitu pula dengan layanan pengelolaan keuangan yang telah menggunakan Sistem Informasi Keuangan BLU UNG. Sementara itu untuk proses akademik lainnya seperti pengurusan KRS dan approval KRS sendiri telah lama diterapkan secara online di UNG

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0