Teknik Menuju Unggul Dan Berdaya Saing Melalui Pembinaan Kemahasiswaan dan Alumni

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 Januari 2020 . 16:51:37

 

GORONTALO – Dalam mendukung visi dan misi rektor maka Fakultas Teknik mulai berbenah dalam hal, pembinaan prestasi mahasiswa melalui pembentukan Unit PKMA (Penguatan Kapasitas Mahasiswa & Alumni).

Menurut Dekan FT UNG Dr. Sardi Salim, M.Pd, unit ini sengaja dibentuk untuk membina mahasiswa Fakultas Teknik agar lebih berprestasi, meningkatkan layanan dan penyediaan data dan informasi kemahasiswaan/ alumni, perubahan karakter mahasiswa.

“Unit ini terdiri perwakilan dosen dari 6 jurusan dilingkungan Fakultas Teknik yang diketuai oleh 1 orang ketua dan 5 Divisi,” ungkap Dr. Sardi.

Dr. Sardi menjabarkan Divisi tersebut terdiri dari divisi pengembangan prestasi akademik minat dan bakat; Divisi Konseling, softskill, Karakter, dan Kelembagaan Ormawa; Divisi penelitian, PKM dan publikasi mahasiswa; Divisi Kewirausahaan, inovasi, Technopreneurship; Divisi Peningkatan kualitas alumni.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs, menambahkan setiap divisi dalam Unit ini telah membuat program kerja masing-masing. Sebagai contoh Divisi Peningkatan Kualitas Alumni, salah satu program yang telah direncanakan adalah Desiminasi Hasil penelitian mahasiswa yang melibatkan stakeholder (dibuat setiap periode wisuda).

“Tujuan dari program ini adalah mempercepat waktu tunggu alumni (0-3 bulan maka nilai akreditasi 4) dalam mencari pekerjaan, karena saat diseminasi dilakukan siapa tahu ada stakeholder yang tertarik dengan kemampuan alumni dan direkrut menjadi karyawan dikantornya,” terangnya.

Alokasi dana untuk mendukung seluruh program yang telah direncanakan dalam Unit PKMA ini telah tersedia di RBA fakultas Teknik, sehingga tim kerja pada unit ini tidak perlu lagi berpikir tentang anggaran dan lebih fokus pada keberhasilan pembinaan kemahasiswan.

“Tim kerja tidak perlu lagi berpikir tentang hal-hal lain selain fokus pada pelaksanaan program dan keberhasilan pembinaan yang telah diprogramkan, sehingga bisa membawa FT menjadi Fakultas Unggul dan berdaya saing dibidang kamahasiswaan,” ujarnya.

Untuk meningkatkan layanan pada mahasiswa teknik kata Tajuddin, saat ini Fakultas Teknik sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang akan digunakan oleh mahasiswa untuk pelayanan dibidang kebutuhan dokumen (sekali pencet kebutuhan surat menyurat oleh mahasiswa itu bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja). (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0