Teknik Elektro Miliki Laboratorium Tegangan Tinggi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Februari 2016 . 07:57:27

Datangkan Pakar Untuk Training Pemanfaatan Laboratorium

 

 

GORONTALO – Sarana dan prasana penunjang kegiatan akademik merupakan hal mutlak yang harus dimiliki dalam mendukung aktifitas akademik. Sadar akan hal tersebut, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Negeri Gorontalo, terus berupaya melengkapi kebutuhan Laboratorium sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan akademik terbaik bagi mahasiswanya.

Semakin baiknya sarana Laboratorium Jurusan Elektro tersebut dibuktikan dengan dimilikinya Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi, yang saat ini sudah dimanfaatkan untuk kegiatan praktek mahasiswa. Bahkan dengan lengkapnya fasilitas yang dimiliki, laboratorium tersebut digadang-gadang sebagai salah satu Laboratorium terlengkap di Indonesia Bagian Timur.

Dekan Fakultas Teknik UNG Mohammad Hidayat Koniyo, S.T, M.Kom, mengungkapkan, pengembangan sarana dan prasarana merupakan salah satu fokus yang terus dilakukan UNG dalam memfasilitasi kegiatan praktikum mahasiswa. Dengan kehadiran laboratorium ini, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro tidak perlu keluar daerah lagi hanya sekedar melakukan praktek tegangan tinggi.

“Sekarang mahasiswa bisa fokus dalam melakukan praktek. Dengan baiknya sarana saat ini diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya dalam pengembangan kualitas pengetahuan,” ungkap Hidayat.

 

 

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Elektro Ervan Hasan Harun, ST, MT, menuturkan, dengan lengkapnya fasilitas laboratorium tegangan tinggi akan semakin memudahkan mahasiswa, dalam praktikum pengukuran tegangan tinggi AC, DC, maupun tegangan tinggi impuls.

“Nantinya Laboratorium tidak hanya dapat digunakan mahasiswa dan dosen untuk keperluan praktikum dan penelitian, namun juga dapat digunakan pihak luar kampus untuk keperluan pengujian alat,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ervan, untuk memaksimalkan pemanfaatan peralatan Laboratorium kepada mahasiswa dan dosen, Jurusan Elektro sengaja mendatangkan tenaga ahli Mr. Stuart Stunkel selaku R&D Engineer dari Perusahaan Terco Swedia, untuk memberikan pelatihan kepada dosen dan pengelola Laboratorium terkait penggunaan alat terbaru laboratorium tegangan tinggi.

Sementara untuk mahasiswa teknik elektro diselenggarakan kuliah pakar teknik tegangan tinggi dengan nara sumber yang sama memberikan penjelasan instalasi dan pelatihan laboratorium tegangan tinggi (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0