Sendratasik Terima Akreditasi B Dari BAN-PT

Oleh: Arbyn M.E. Dungga . 22 Mei 2013 . 15:08:28

GORONTALO – Jurusan Seni Drama Tari dan Musik Fakultas Sastra Budaya Universitas Negeri Gorontalo mengantongi nilai akreditasi 330 atau peringkat B program studi sarjana dalam proses penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi. Prestasi besar ini seakan hadiah pada 50 tahun UNG.

Hasil akreditasi ini merupakan penilaian pertama kali sejak jurusan ini berdiri pada tahun 2007 saat keluarnya Surat Ijin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

“Alhamdulillah Jurusan kami mendapat nilai akreditasi B, ini sangat menggembirakan. Sebenarnya kami sudah mendengar kabar burung ini, namun kami lebih senang jika sudah ada surat resminya” kata Trubus Semiaji, Ketua Jurusan Sendratasik sambil memperlihatkan SK BAN Perguruan Tinggi nomor 091/SK?BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 yang ditandatangani ketuanya, Prof Dr Mansyur Ramly.

Dalam proses penilaian lalu, dua orang BAN-PT mengunjungi langsung jurusan ini, dan selama beberapa hari mereka memeriksa dan menilai semua fasilitas dan kelengkapan jurusan. Kedua orang tersebut adalah Prof Dr Victor Ganap Med dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Prof Dr Taty Narawati Mhum dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

“Apresiasi baik dari kedua penilai BAN, mereka mendiskusi banyak hal dengan kami dan menilai jurusan kami lebih baik dari jurusan serupa di Universitas Negeri Manado (Unima) dan Universitas Negeri Makassar (UNM)” jelas Trubus.

Pengakuan jujur para penilai dari BAN-PT ini memberi semangat bagi para pengajar Sendratasik untuk meningkatkan kinerjanya.

“Hasil akreditasi ini menjadi cambuk untuk lebih baik lagi. Kami akan mempertahankan dan berharap bisa meningkatkan prestasi ini” ungkap Trubus.

Saat ini Sendratasik memiliki 8 dosen tetap lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Fasilitas laboratorium, sarana perkuliahan dan dukungan lainnya telah menjadikannya sebagai jurusan yang mandiri dan memiliki standar akademik yang jelas.

Trubus mencontohkan penerapan standar ini dengan memberi contoh tidak semua proposal penelitian yang diseminarkan baru-baru ini lolos, ada beberapa yang harus mengulang. Ini dimungkinkan karena jurusan menginginkan lulusannya berkualitas tinggi. (*)

Sumber : jamburanews.com

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0