Seminar Nasional Pemilu 2019 Wujudkan Demokrasi yang Berkualitas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Maret 2019 . 16:58:00

 

GORONTALO – Tahapan pesta demokrasi di Indonesia akan dilaksanakan pada bulan April mendatang, dimana dalam pelaksanaannya tahapan pemilu akan memilih anggota legislatif ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Pusat, serta Pemilihan Presiden.

Berkaitan dengan hal itu mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum UNG berinisitaif melaksanakan Seminar Nasional Pemilu 2019, sebagai upaya mewujudkan tahapan pemilu yang berkualitas, Selasa (19/3), di Auditorium UNG.

La Aba selaku Ketua Panitia pelaksana menuturkan,Seminar dilakukan untuk menakar kebijakan penyelenggaraan pemilu 2019. Dimana melalui forum ilmiah Seminar Nasional diharapkan akan ada gagasan-gagasan besar dari kalangan akademisi dan masyarakat, sebagai rekomendasi bagi penyelenggara pemilu.

“Mewujudkan pemilu yang baik dan berkualitas merupakan salah satu tujuan dari Seminar, karena UNG khususnya mahasiswa berkomitmen besar dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu di Indonesia,” ujarnya.

Wakil Direktur I Pascasarjana Prof. Dr. Hariadi Said, MS, saat membuka seminar mengatakan pemilu menjadi topik yang sangat penting untuk dibahas. Hal ini karena Pemilu merupakan perhelatan yang kerap menguras perhatian dan emosi, bahkan kerap menimbulkan perselisihan pada saat berlangsungnya tahapan maupun pasca perhelatan.

“Sebagai Negara demokrasi, pelaksanaan pemilihan umum harus terus diperbaiki kualitasnya baik itu dari prosedur maupun aturan dan payung hukumnya. Sehingga Pemilu akan menghasilkan output yang berkualitas dan jauh dari unsur kecurangan,” ungkapnya.

Menurutnya keberhasilan penyelenggaraan pemilu merupakan tanggung jawab bersama, baik penyelenggara, masyarakat, pers, maupun pihak lain. Untuk kalangan akademisi khususnya mahasiswa kata Prof Hariadi, harus menguatkan perannya sebagai ujung tombak keilmuan dan sumber daya manusia, dalam memberikan masukan kepada KPU untuk dapat menjalankan tugasnya sebagaimana yang seharusnya.

“Mengelola Pemilu harus didukung kompetensi keilmuan, dan disinilah peran yang harus dimasuki oleh kalangan akademisi melalui sumbangsih ide serta gagasan yang berkualitas,” tandasnya.

Seminar Nasional Pemilu 2019 turut menghadirkan pemateri Nasional yakni pakar hukum pidana Universitas Indonesia Prof. Dr. Topo Santoso, SH, MH,. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0