Seminar Nasional Matematika dan Sains

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 Desember 2016 . 09:05:00

Jadi Wadah Ubah Paradigma Masyarakat Tenang Matematika

 

 

GORONTALO - Dikalangan masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa, mata pelajaran matematika dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sangat sulit. Ini karena mata pelajaran tersebut banyak berkutat dengan angka dan rumus yang dianggap sulit.

Untuk merubah anggapan masyarakat tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggagas seminar Nasional matematika dan sains, dengan topik Pengembangan Matematika dan Sains berbasis riset, Rabu (7/12), di Aula Rektorat UNG.

"Ini juga merupakan upaya untuk menjawab tantangan tentang matematika dan sains, yang selama ini dianggap sebagai mata pelajaran sulit, membosankan dan pengajarnya dianggap sebagai guru killer," ungkap Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd,.

Dijelaskan Prof. Evi, melalui momen seminar Ia memiliki keinginan untuk mengubah paradigma berpikir masyarakat khususnya pelaku matematika dan sains. Bahwa ternyata dengan belajar matematika dan sains dapat merubah pola pikir dan logika, serta terbangunnya karakter dan perilaku setiap individu.

 

 

Senada dengan Prof. Evi, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengharapkan seminar ini dapat dimanfaatkan untuk merubah paradigma masyarakat terkait matematika dan sains. Rektor bahkan mengakui dikalangan siswa sekolah, matematika merupakan mata pejaran yang kurang populer karena tingkat kesulitan yang dimiliki, banyak berkecimpung dengan angka dan rumus yang memusingkan.

"Salah satu tugas kita saat ini adalah bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa matematika dan sains sebagai pelajaran yang menyenangkan," tandas Pria yang juga berstatus sebagai Dosen Matematika di UNG.

Sementara itu Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro, M.Sc, Ph.D, dalam pemaparannya menuturkan, dalam pengembangan sains memiliki peranan penting dalam setiap individu. Dimana dapat memacu pembentukan kemampuan berpikir secara logis serta pola pikir ilmiah. Kemudian menumbuhkan rasa ingin tahu dan terus berupaya mencari jawaban dari sebuah fenomena dengan kemampuan berpikir kritis. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0