SDGs Center UNG Ajak Multi Stakeholder Wujudkan Kota Gorontalo Bebas Sampah

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Desember 2022 . 19:12:51

GORONTALO – Isu masalah persampahan dan tata ruang Kota Gorontalo menjadi perhatian yang harus menjadi prioritas pemerintah dalam  pengelolaan dan penataan Kota Gorontalo demi menciptakan kota yang bersih, sehat dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat Gorontalo.

Masalah pengelolaan sampah adalah masalah klasik di Kota Gorontalo yang hingga saat ini belum terkelola dengan baik untuk meminimalisir tumpukannya. Hal ini membutuhkan kolaborasi dari semua elemen, tidak hanya pemerintah tetapi juga semua elemen masyarakat. Oleh karena itu Ketua SDGs Center UNG, Dr Raghel Yunginger mengajak multi stakeholder secara bersama-sama untuk menangani masalah sampah di Kota Gorontalo, yang diawali dengan melakukan pemetaan masalah melalui kegiatan FGD yang diselengarakan di lokasi TPS3R Kota Gorontalo, Rabu (7/12).

“Tujuan FGD ini untuk mendapatkan input dari berbagai aktor pembangunan tentang masalah penanganan sampah di Kota Gorontalo,” ujar Raghel.

Menurutnya hal terpenting dalam mewujudkan kota bebas sampah yakni kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah, sehingga dapat membantu meminimalisir sampah di Kota Gorontalo untuk mewujudkan kota yang bersih dan sehat.

“Hasil FGD ini akan ditindaklanjuti oleh SDGs Center UNG yang akan melibatkan peran berbagai aktor secara bersama-sama melalui pendekatan multi stakeholder partnership,” terangnya.

Sementara itu Ketua LP2M Prof. Dr. Novri Y. kandowangko juga menyatakan bahwa tindakan penanganan sampah sudah harus diwujudkan, dalam kerja nyata secara kolaboratif dan perlu ada implementasi hasil-hasil penelitian yang inovatif dalam penanganan sampah. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0