Ribuan Mahasiswa UNG Ikut Tes HIV Secara Sukarela, Kenapa ?

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Desember 2016 . 10:14:49

 

GORONTALO - Komitmen dalam menekan angka penyebaran virus mematikan HIV/Aids terus ditunjukkan oleh civitas akademika Universitas Negeri Gorontalo. Salah satu komitmen ditunjukkan dengan ikut sertanya ribuan mahasiswa UNG dalam melakukan tes HIV/Aids secara sukarela, Sabtu (17/12), di Auditorium UNG.

Posko tes HIV/Aids yang dibuka oleh Komisi Perlindungan Aids (KPA) Kota Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Gorontalo tersebut, dipadati oleh mahasiswa yang diperkirakan mencapai 4000-an orang. Mahasiswa sangat antusias memeriksakan dirinya secara sukra rela, bahkan mereka rela untuk antri dengan tertib dan sabar untuk mengetahui penyebaran virus mematikan tersebut disetiap individu.

Rektor UNG melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Fence Wantu, MH, menyambut baik kegiatan komisi penanggulangan Aids Kota Gorontalo, dalam upaya penanggulangan penyebaran virus HIV/Aids di kalangan mahasiswa. Menurutnya antuasiasme yang ditunjukkan mahasiswa merupakan bukti komitmen dalam memerangi penyebaran virus mematikan tersebut di lingkungan kampus merah maron.

"Civitas akademika UNG khususnya mahasiswa akan senantiasa menjadi garda terdepan dalam upaya menangkal penyebaran virus tersebut. Karena sebagai agent Of change, mahasiswa harus penggerak penyebaran virus HIV dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat," jelas Fence.

 

 

Walikota Gorontalo Marten Taha, SE, Mec. Dev, menuturkan, penularan HIV/Aids dikalangan masyarakat sendiri sudah dalam fase mengkhawatirkan, dan sebagai besar penularannya dialami oleh masyarakat usia muda. Penularan bagi kaum muda sendiri kata Marten, berpotensi merusak tatanan masa depan bangsa, karena banyak menyasar kaum muda sebagai penerus masa depan bangsa Indonesia.

"Mahasiswa sebagai masa depan bangsa tentunya harus mampu membentengi diri dari penyebaran virus HIV. Karena mahasiswa aset bangsa dimasa depan, dan jika tercemar virus mematikan tersebut akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan bangsa," ujar Marten.

Sebelumnya Kepada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo Nur Albar menjelaskan, bahwa penderita virus HIV/Aid setiap tahunnya cenderung meningkat. Untuk Prov. Gorontalo sendiri kata menduduki peringkat 23 dalam kasus HIV/Aids dari 33 Provinsi di Indonesia. Dimana pada tahun 2016 kasus HIV di Gorontalo mencapai 45 kasus sedangkan Aids mencapai 69 kasus. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0