Revitalisasi Naskah Meraji menjadi Salah Satu Fokus Utama UNG terhadap Keberlangsungan Tradisi Islam Gorontalo

Oleh: Rachmad Hidayah . 14 Februari 2022 . 19:38:46
Sumber : Liputan6.com

Lewat agenda penulisan kembali Naskah Me’raji Gorontalo, UNG memiliki komitmen untuk menjaga tradisi Islam Gorontalo. Simpulan cepat ini disepakati oleh para peserta Focus Group Discussion dengan tema “Lokalitas Islam Gorontalo: Revitalisasi Naskah Me’raji sebagai Bentuk Inovasi Kebudayaan Gorontalo” yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi UNG pada Sabtu, 12 Februari, 2022, kemarin.

Komitmen bersama ini muncul karena adanya kegelisahan para perwakilan pelantun Me’raji dari tiap-tiap kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo yang juga turut hadir pada saat itu. Para perwakilan pelantun yang hadir ini, yakni: Ustad Rionaldi Doe, S.Ag dari Kota Gorontalo; Pespiyanto Bobihoe (Utoliya Limutu) dari Kabupaten Gorontalo; H. Irfan Abdullah Pako (Bate Tuntungiyo) dari Kab. Gorontalo Utara; Ridwan Kono dari Kabupaten Bone Bolango; dan Wisnu Pakaya dari Kabupaten Pohuwato.

Dalam FGD tersebut, para pelantun Me’raji ini prihatin karena tradisi ini saat ini kebanyakan tidak diketahui oleh generasi muda, padahal, ini merupakan bagian dari pada adat dan Islam di Gorontalo. Selain itu, ada keprihatinan bersama terhadap naskah yang dipegang oleh para pelantun tradisi Me’raji Gorontalo yang sudah lusuh, tua dan kadangkala sobek di beberapa bagian. Padahal, naskah yang mereka baca adalah kisah-kisah Nabi Muhammad SAW, khususnya pada saat beliau menerima perintah salat dan bertemu dengan Allah SWT.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, Dr. Eduart Wolok, S.T., M.T., IPM., menyambut baik gagasan ini dengan hangat. Baginya, menggali khazanah lokalitas Gorontalo yang sudah ada, menelitinya, hingga mengonservasinya, adalah kerja-kerja universitas yang harus terus didorong. Dalam melaksanakannya, maka Eduart, yang juga saat ini diamanatkan sebagai Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Provinsi Gorontalo, ingin berkolaborasi dengan figur-figur terkait, seperti para pelantun tradisi Me’raji dalam agenda ini.

Rencananya, project Naskah Me’raji ini akan dimulai dengan rangkaian: penulisan kembali (Arab Pegon dan Bahasa Gorontalo, penerjemahan (ke bahasa Indonesia), pengkajian naskah, review naskah, konferensi internasional, dan publikasi. Ada harapan besar dari peserta diskusi agar nantinya, Project Naskah Me’raji ini mendapat berkah, bernilai edukasi dan tentu saja, sebagai kukuhnya identitas Islam Gorontalo.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0