Rektor Paparkan Pencapaian UNG Ditahun 2022

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Januari 2023 . 10:56:53

GORONTALO – Perjalanan panjang ditahun 2022 diwarnai dengan beragam pencapaian yang luar biasa dari civitas akademika Universitas Negeri Gorontalo. Pencapaian diberbagai bidang tersebut secara khusus dipaparkan Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT melalui annual report dihadapan para media cetak maupun elektronik.

Menurut Rektor di tengah polycrisis (krisis simultan) akibat pandemi covid-19, modal sosial yang dimiliki UNG berupa resilent-leadership mampu membuat UNG terus bertahan bahkan dalam beberapa hal cukup menggembirakan. Salah satunya dalam bidang akademik, dimana gerakan akselerasi dalam mengembangkan reputasi UNG ditingkat Nasional maupun Internasional melalui peningkatan akreditasi program studi.

“Hingga tahun 2022 tercatat 7 prodi telah terakreditasi unggul, selain itu tercatat 5 prodi unggulan di UNG telah melakukan tahapan akreditasi internasional oleh Badan Akreditasi Internasional Foundation for Internasional Business Administration Accreditation (FIBAA),” ungkap Rektor.

Untuk bidang kemahasiswaan dan alumni kata Rektor beragam pencapaian prestasi yang berhasil ditorehkan mahasiswa diantaraya dalam bidang akademik, olahraga hingga kesenian, diantaranya pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) dan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).

“Secara keseluruhan ada 5 pencapaian yang berhasil ditorehkan mahasiswa di tingkat internasional, sedangkan untuk tingkat nasional terdapat 237 pencapaian prestasi mahasiswa dan untuk tingkat regional ada 70,” jelasnya.

Sedangkan pencapaian kualitas bidang penelitian dan pengabdian juga mengalami pertumbuhan yang signifikan, mulai dari penerbitan sertifikat HAKI bagi dosen yang mencapai lebih dari 200 sertifikat hingga raihan ranking ke-58 SINTA Dikti.

“Saat ini tercatat ada 9 publikasi terindeks sinta 2, untuk publikasi Quartile 1 ada 8 publikasi dan publikasi terindeks scopus ada 59 publikasi serta berbagai publikasi jurnal nasional dan internasional lainnya,” terangnya.

Dalam reputasi SDM dosen membimbing mahasiswa berprestasi banyak yang telah memiliki sertifikat profesi, menghasilkan karya-karya monumental yang tersertifikasi dan berkontribusi di luar kampus. Tercatat 694 Dosen membimbing mahasiswa berprestasi dan berkegiatan di luar kampus, 490 Dosen Berkualifikasi S3 dan Dosen bersertifikasi Profesi Internasional dan Nasional serta 1181 Luaran Paten, HAKI, Jurnal, Buku, Karya Seni, Karya Sastra dan Karya Monumental.

“Keberhasilan ditahun 2022 semakin lengkap dengan jalinan kemitraan UNG yang telah diakui oleh Kementerian, dengan memborong penghargaan pada subkategori kerja sama pada anugerah Diktiristek tahun 2022,” pungkasnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0