Punya Prestasi Atau Hafal Alquran Minimal 5 Juz, Bisa Jadi Maba UNG Tanpa Ujian

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Juli 2019 . 10:06:00

 

GORONTALO – Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Negeri Gorontalo telah dibuka sejak tanggal 10 Juli 2019 dan akan berakhir pada 24 Juli 2019 Mendatang. Pada Jalur Mandiri tahun ini, UNG menyediakan jalur “khusus” tanpa tes bagi calon mahasiswa baru. Jalur khusus tersebut yakni Seleksi Mandiri berbasis prestasi unggul.

“Seleksi Mandiri berbasis prestasi unggul merupakan salah satu tahap pendaftaran Jalur Mandiri UNG. Pendaftarannya dibuka sejak 16 Juli hingga 21 Juli 2019 melalui laman pmb.ung.ac.id,” ungkap Kepala Biro AKP UNG Zumriyati Mohamad, M.Pd,.

Menurut Zumriyati, pendaftar Seleksi Mandiri berbasis prestasi unggul merupakan lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat, yang lulus dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Selanjutnya memiliki prestasi luar biasa baik itu bidang akademik atau non akademik yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan, baik itu prestasi minimal tingkat Provinsi hingga Nasional.

“Prestasi yang dimaksud yakni berupa bidang keolahragaan, kesenian, olimpiade bidang studi dan lomba bidang keagamaan,” terangnya.

Selain itu keahlian/kemampuan luar biasa atau prestasi luar biasa lain yang bisa mendaftar yakni hafal Alquran minimal 5 Juz, serta penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya.

“Peserta yang lulus melalui Seleksi Mandiri berbasis prestasi unggul akan dipertimbangkan memperoleh keringanan biaya SPP/UKT atau diusulkan memperoleh beasiswa sesuai ketentuan berlaku,” jelasnya

Dijelaskan Zumriyati, Seleksi Mandiri berbasis prestasi unggul merupakan kali pertama diberlakukan UNG dalam penerimaan mahasiswa baru. Hal ini bertujuan agar dapat melakukan penjaringan mahasiswa UNG berkualitas dan memiliki prestasi, untuk kemudian dapat diasah dalam meningkatkan kualitas lulusan. (wahid)

 

Lampiran SK rektor Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0