Proses Akademik Berjalan Sesuai Regulasi, Pascasarjana UNG Selalu Lahirkan SDM yang Unggul dan Berkualitas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Agustus 2022 . 10:42:07

GORONTALO - Secara akademik, dalam 3 tahun terakhir (2020-2022) Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo telah meluluskan mahasiswa S-3 (Doktor) sebanyak 76 orang terdiri dari Prodi S-3 Administrasi Publik (31 orang), Prodi S-3 Pendidikan (25 orang), Prodi S-3 Linguistik Terapan (7 orang), dan Prodi S-3 Pendidikan IPA (13 orang). Dan tahun 2022 telah menerima sejumlah 40 orang mahasiswa baru Angkatan 2022.

Direktur Pascasarjana UNG, Prof. Dr. Asna Aneta menyampaikan bahwa, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo juga menyelenggarakan program S-2 (Magister) sejumlah 22 prodi. Artinya proses akademik sudah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku di Universitas Negeri Gorontalo mulai dari perkuliahan, kemudian dilanjutkan dengan prelium, seminar proposal penelitian, seminar kelayakan, diseminasi hasil penelitian, ujian tutup, dan ujian promosi. Dalam proses seminar proposal, seminar kelayakan, ujian tutup, dan ujian promosi diawali dengan sidang komisi.

"Semua proses akademik di atas diatur melalui Pedoman Akademik Pascasarjana UNG dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pascasarjana UNG yang disahkan oleh Direktur Pascasarjana UNG dan dikendalikan oleh Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana UNG," ujarnya.

Regulasi yang telah disebutkan di atas menjadi acuan kegiatan akademik yang dilaksanakan di Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Jika ada kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut bukan merupakan aturan yang berlaku di Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.Sementara itu, para alumni Program Doktor di Pascasarjana UNG, menyampaikan rasa bangga mereka ketika berhasil lulus dari Program Doktor Pascasarjana UNG, selain dengan biaya yang sangat terjangkau juga kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Dr. Syamsul Baharudin, yang merupakan alumni dari Program Doktor Administrasi Publik UNG, menyampaikan rasa bangganya bisa kuliah dan lulus sebagai doktor di Administrasi Publik UNG.

"Kuliah di Pascasarjana UNG sangat bagus, akademiknya bagus, kita diajarkan oleh para dosen-dosen hebat, dan ilmu yang saya dapatkan di pascasarjana UNG saya terapkan ditempat kerja saya," kata Syamsul.

Terkait dengan Biaya, Ia menyampaikan bahwa, di pascasarjana UNG sangat terjangkau dan memang sudah sesuai dengan apa yang didapatkan oleh mahasiswa itu sendiri.

"Kalau soal biaya tentunya ini sangat terjangkau, sehingga itu beberapa teman dan adik-adik saya di kantor saya dorong untuk melanjutkan kuliah di pascasarjana UNG," tutur Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo ini. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0