Program PPL Mahasiswa Akan Dilakukan Secara Daring

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 September 2020 . 11:09:18

 

 

GORONTALO – Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tidak menjadi halangan bagi Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) dalam melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PPL). Langkah yang diambil LPPPM agar Program PPL tetap bisa dilaksanakan dengan mengubah pelaksanaan PPL secara Daring.

Menurut Ketua LPPPM UNG Prof. Ansar Made, M.Pd, akibat pandemi saat ini pelaksanaan PPL dilakukan penyesuaian, yang disesuaikan dengan kondisi pelaksanaan pendidikan di Sekolah sebagai tempat pelaksanaan PPL Mahasiswa. Salah satu solusi terbaik agar pelaksanaan PPL tetap dilaksanakan yakni dengan melakukan PPL Daring.

“PPL sebagai bagian dari kurikulum bagi Program Studi Kependidikan harus tetap berjalan meskipun saat ini kita dalam kondisi Pandemi. Karena saat ini Sekolah-Sekolah belum melakukan kegiatan belajar-tatap muka, maka kegiatan PPL juga menyesuaikan dengan kondisi tersebut dengan melakukan PPL Daring,” ungkap Prof. Ansar.

Dengan PPL Daring mahasiswa tidak perlu datang langsung ke Sekolah-Sekolah, seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan dari rumah masing-masing. “Jika PPL tidak dilakukan secara Daring akan ada 1325 Mahasiswa yang akan tertunda proses pendidikannya di UNG, sehingga PPL Daring menjadi solusi dipilih,” terangnya.

Meskipun pelaksanaan PPL kali ini berbeda dari sebelumnya karena dilakukan secara Daring, Prof. Ansar berharap mahasiswa dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkain PPL kali ini dengan baik.

“Salah satu tujuan pelaksanaan PPL yakni membetuk mahasiswa sebagai calon Guru Profesional. Meskipun pelaksanaanya terdapat beberapa keterbatas karena dilakukan Daring, diharapkan tujuan tersebut bisa kita wujudkan,” harapnya.

Menurut informasi pelaksanaan Program PPL kali ini akan diikuti oleh 1325 Mahasiswa dengan Program Studi Kependidikan. Nantinya para mahasiswa akan terjun melaksanakan PPL di 89 Sekolah yang tersebar di Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo dan Kab. Bone Bolango. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0