Produk Wirausaha Mahasiswa Olah Eceng Gondok Menjadi Pasta Gigi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 September 2022 . 18:59:35

GORONTALO – Eceng gondok yang merupakan tanaman limbah yang ada di Danau Limboto ternyata bisa diolah menjadi produk yang bermanfaat. Melalui tangan dingin dan kreativitas mahasiswa, tanaman enceng gondok mampu diolah menjadi bahan utama produk pasta gigi.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K), produk pasta gigi berbahan utama eceng gondok diberi nama EC-Dent menjadi produk inovasi dengan keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki produk lain.

Ketua Tim PKM-K Nurmarila Luadu mengatakan, proses pembuatan produk EC-Dent dilakukan di Laboratorium UNG dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Adapun bahan yang dipersiapkan dalam proses produksi Pasta Gigi yakni, ekstrak Etanol daun eceng gondok, Na CMC, Sorbitol, Menthol, Natrium benzoat, Sodium Lauryl Sulfate, Sodium Saccharin, Calcium Carbonat, Etanol 95%, dan Air suling.

“Dalam proses produksi 500 gram eceng gondok yang diolah dapat menghasilkan 1 produk pasta gigi,” ungkap Nurmarila.

Untuk tahapan pembuatan pasta gigi kata Nurmarila diawali dengan pembersihan, dimana daun eceng gondok dibersihkan dengan air mengalir  dan disemprotkan dengan alkohol 70% dan dikeringkan selama beberapa hari.

“Setelah itu dilakukan pembuatan ekstrak daun enceng gondok, kemudian diolah untuk pembuatan pasta gigi dengan Na-CMC didispersikan dalam air suling. ” jelasnya.

Menurutnya produk inovasi pasta gigi eceng gondok sebagai antibakteri dan antiinflamasi pada mulut dan gigi dalam pencapaian efek farmakologis dari daun eceng gondok sehingga diterima oleh masyarakat.

“Produk sudah kami jual dalam kemasan standing pounch dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp. 20.000,” pungkasnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0