Prodi Fisika UNG-UNHAS kembangkan MRI

Oleh: Nunu Fadna Adam . 15 Juni 2016 . 09:37:29

Prof. Dr. Nurlaela Rauf, M.Sc. memberikan Kuliah Umum mengenai MRI kepada Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNG.

Program studi Fisika FMIPA UNG berkerjasama dengan Program Studi Fisika FMIPA Universitas Hasanuddin akan kembangkan MRI (Magnetic Resonance Imaging) melalui Kelompok Keilmuan (KK) Fisika Medis. MRI merupakan multidisiplin internasional meliputi fisik, kehidupan, dan penyelidikan ilmu klinis yang berkaitan dengan pengembangan dan penggunaan magnetic resonance imaging. Hal ini diungkapkan Ketua KK Fisika Teori sekaligus Ketua Program Studi Fisika Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si. Ia menjelaskan bahwa MRI didedikasikan untuk penelitian dasar dan aplikasi medis, memberikan wadah tunggal komunikasi antar ahli radiologi, ahli fisika, ahli kimia, ahli biokimia, biologi, insinyur, internis, ahli patologi, ahli fisiologi, ilmuwan komputer, dan matematika.

“Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan frontier fundamental sains menggunakan medan magnet dan pulsa energi gelombang radio untuk membuat gambar organ dan struktur di dalam tubuh. MRI memberikan informasi yang berbeda tentang struktur dalam tubuh daripada yang bisa dilihat dengan X-ray, USG atau Computed tomography (CT) Scan,” jelas Yusuf. MRI bahkan bisa menunjukkan masalah yang tidak bisa dilihat dengan metode pencitraan lainnya. Tes MRI kata Yusuf dapat dilakukan dengan menempatkan area tubuh yang sedang dipelajari ke dalam mesin khusus yang berisi magnet yang kuat. Gambar dari scan MRI adalah gambar digital yang dapat disimpan di komputer untuk studi lebih. Gambar juga dapat ditinjau dari jarak jauh, seperti di klinik atau ruang operasi. MRI digunakan untuk menemukan masalah seperti tumor, pendarahan, cedera.

Dua orang pakar Fisika Medis dari UNHAS memberikan Kuliah Umum mengenai pengembangan dan penggunaan MRI pada Senin (13/06) kemarin yakni Prof. Dr. Syamsir Dewang, M.ScEng dan Prof. Dr. Nurlaela Rauf, M.Sc. Di Program Studi Fisika kata Yusuf terdapat tiga KK yaitu KK Condensed Matter Physics and Materials Science, Earth System Physics, dan Theoretical Physics, dan Medical Physics.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0