Persiapan Ujian Seminar Invensi/Inovasi Pembelajaran Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Agustus 2023 . 18:55:22

Dalam rangka pelaksanaan Seminar Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022, Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Gorontalo (PPG) melaksanakan rapat persiapan bersama dengan penguji dosen dan guru Pamong. Dilaksanakan di  ruang rapat Kantor Pusat PPG Kampus, Rabu, 31 Agustus 2023.

Didampingi oleh divisi akademik, Direktur PPG UNG Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd memberikan sambutan sekaligus arahan kepada penguji dosen dan Guru Pamong. Direktur mengutarakan sebanyak kurang lebih 24 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 yang baru saja selesai dalam menjalankan tugasnya di PPL II di masing-masing sekolah tempat mereka melaksanakan praktik. Ke d 24 Mahasiswa tersbeut merupakan mahasiswa aktif dari dua rombel yakni rombel bahasa serta rombel matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA).

Dalam juknis diutarakan bahwa Mata kuliah Seminar Pendidikan Profesi Guru memfasilitasi calon guru meningkatkan kemampuan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar selama mengikuti PPG dalam bentuk Jurnal Refleksi. Jurnal Refleksi merupakan Portofolio digital yang menggambarkan peningkatan kemampuan berdasarkan artefak-artefak berupa tugas perkuliahan, laporan observasi kelas, dokumentasi pembelajaran peserta didik, foto atau video pengajaran, materi pembelajaran yang dirancang dan/atau dikembangkan, catatan-catatan anekdotal, hasil wawancara dengan peserta didik dan/atau orang tua, catatan observasi Dosen, Guru Pamong, guru lainnya dan/atau Mahasiswa lainnya, instrumen asesmen terhadap diri sendiri dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan bukti peningkatan kemampuan. Jurnal refleksi tersebut dipresentasikan kepadatiga (3) asesor/penguji, yang terdiri dari Dosen Pembimbing Seminar (DPS), Instruktur, dan Dosen bukan Dosen Pembimbing Seminar (Non DPS). Kelulusan Mahasiswa ditentukan oleh kesesuaian artefak dengan capaianpembelajaran di setiap mata kuliah, hasil refleksi terhadap proses peningkatan kompetensi yang diperoleh selama mengikuti Program PPG Prajabatan dan kelengkapan portofolio.

Selanjutnya seluruh peserta akan diujiankan seminar yang akan dilaksanakan pada Kamis, 1 September 2023 di tiga ruangan yakni ruang rapat PPG, ruang kelas NI serta ruang kelas N2. Sebelumnya seluruh peserta telah mengantarkan dokumen yang akan dijadikan sebagai bahan presentasi pada saat pelaksanaan ujian seminar nanti.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0