Penelitian Dosen UNG Dipacu untuk Menghasilkan Buku

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Juli 2018 . 08:33:00

 

GORONTALO – Berbagai penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Negeri Gorontalo, terus dipacu untuk menghasilkan output yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Output yang ingin ditingkatkan adalah karya tulis ilmiah yang disusun dalam bentuk buku, diwujudkan melalui Workshop Konversi KTI Nonbuku (Laporan Hasil Penelitian) Menjadi Buku, Senin (16/7), di TC Damhil UNG.

Ketua LPPM UNG Prof. Dr. Fenty Puluhulawa, SH, M.Hum, menuturkan, poin utama yang ingin dicapai workshop yakni meningkatkan kemampuan Dosen dalam mentrasfer hasil penelitian yang dilakukan menjadi buku ilmiah.

“Riset dosen tidak hanya dituntut berakhir pada laporan saja. Namun juga dapat menghasilkan output publikasi, baik itu dalam bentuk Jurnal terakreditasi maupun buku yang terdaftar pada Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI),” ungkap Prof. Fenty.

Menurut Prof. Fenty, pembimbingan Dosen dalam menghasilkan output buku ilmiah merupakan kali pertama diinisiasi LPPM UNG, sebagai wujud upaya meningkatkan kualitas output penelitian para Dosen UNG. “Dengan capaian UNG saat ini, LPPM tentunya ingin terus berkontribusi dalam meningkatkan ouput penelitian Dosen salah satunya melalui kegiayan semacam ini,” terang Prof. Fenty.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Mahludin Baruwadi, MP, memuji langkah LPPM UNG yang terus melakukan inovasi program dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas penelitian dan output penelitian bagi para peneliti UNG. Menurut Prof. Mahludin, inovasi sangat penting bagi UNG untuk terus menguatkan mutu UNG sebagai upaya memperkuat pencapaian akreditasi A institusi.

“Dengan Akreditasi A institusi UNG, menuntut kita semua untuk dapat memperkuat kualitas diberbagai bidang, yang salah satunya bidang penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tridharma Perguruan Tinggi,” tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0