Peneliti Universitas Hawai Gandeng Peneliti UNG Teliti Bahasa Daerah Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 29 Juni 2018 . 15:16:00

 

GORONTALO – Dua orang peneliti berasal dari Universitas Hawai bakal menjajaki kerjasama penelitian dengan peneliti dari Universitas Negeri Gorontalo. Rencana kerjasama untuk melakukan penelitian bahasa daerah di Gorontalo tersebut terungkap dalam kunjungan yang dilakukan oleh Russell Barlow dan Collen O’Brien ke Universitas Negeri Gorontalo, Kamis (28/6),.

Penelitian kolaborasi dengan Dosen dari Fakultas Sastra dan Budaya UNG yakni Dr. Dakia Djou, M.Pd, dan Dr. Fatma Umar, M.Pd akan terfokus meneliti Bahasa Suwawa dan Bahasa Gorontalo. Dr. Dakia mengungkapkan, penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Hawai dalam rangka mencapai gelar Profesor dari ke dua peneliti tersebut.

“Pada prinsipnya peneliti UNG sangat siap untuk saling berkolaborasi dalam kerjasama penelitian ini. Terlebih bidang ilmu yang diteliti sesuai dengan apa yang kami dalami,” ungkap Dr. Dakia.

Menurut Dr. Dakia, dipilihnya bahasa daerah Suwawa dan Gorontalo sebagai objek penelitian dikarenakan para peneliti tersebut sangat tertarik dengan kedua bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat di Gorontalo. “Kolaborasi ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luar negeri akan kelebihan dan keunikan bahasa masyarakat Gorontalo. Kemungkinan penelitian akan dilakukan awal tahun depan selama satu tahun lamanya,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, menyambut baik rencana kolaborasi peneliti luar negeri dengan peneliti UNG. Karena selain penting untuk memperkenalkan bahasa daerah di Gorontalo, juga sebagai wadah memperkuat eksistensi para peneliti UNG di mata masyarakat luar negeri. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0