Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Peneliti Jepang Apresiasi Labu Madu Organik Mahasiswa Faperta

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 November 2023 . 11:12:13

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama peneliti dari Prefektur Ehime Jepang mengunjungi lahan perkebunan labu madu organic, yang dikelola oleh mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian yang tergabung dalam kelompok Lamborgini (Labu Madu Berbasis Organik). Dalam kunjunganya di Desa Bulontala Timur Kabupaten Bone Bolango, peneliti asal Jepang terlibat berdiskusi panjang lebar bersama dosen dan mahasiswa terkait labu madu organic tersebut.

Mereka juga turut memanen labu madu organik yang telah matang dan mencicipi beberapa produk turunan yang disajikan mahasiswa seperti puding labu madu, labu madu rebus sambal roa, dan sorbak labu madu dan sorghum. Dalam kesempatan tersebut secara khusus salah satu perwakilan Jepang Yoshinori Mukai mengapresiasi perkebunan madu organic, serta berbagai produk olahan yang disajikan mahasiswa tersebut.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok ‘Lamborgini’ melalui Program P2MW Dikti, Zulham Sirajuddin mengungkapkan, program ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat. Bagi mahasiswa sendiri, sebagaiw adah meningkatkan motivasi petani milenial, untuk berusaha tani modern.

“Sementara bagi petani, ini akan dapat mendorong pertanian berkelanjutan sehingga mengurangi potensi bencana lingkungan di pedesaan, serta ada keuntungan ekologis dan ekonomis,” jelas Zulham.

Zulham menuturkan bahwa program ini akan terus didorong, terutama di tingkat fakultas dan universitas, terlebih lagi FAPERTA memiliki sumberdaya yang sangat baik, dalam mendorong pertanian sirkular.

“Di FAPERTA UNG ada Agribisnis, Agroteknologi, Teknologi Pangan, dan Peternakan, dan itu merupakan modal sosial melalui kolaborasi lintas disiplin agar bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Sehingga kita berharap, dengan dukungan pemerintah daerah serta bekerjasama dengan Jepang, hal ini akan sangat memungkinkan kita lakukan,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Bapppeda Provinsi Gorontalo, Nalienly Grace F Rawung, saat memimpin rombongan kunjungan yang membersamai Peneliti dan Pemerintah Ehime Jepang itu, juga turut menyatakan dukungannya terhadap program ini.

“Kami dari pemerintah Provinsi Gorontalo sangat mendukung dalam memajukan UMKM utamanya yang memanfaatkan dan memperkenalkan produk lokal Gorontalo. Harapan kita, dalam konsep kerjasama Gorontalo-Ehime ke depan, UMKM pengolahan seperti produk turunan labu madu organik ini dapat memperoleh dampak positifnya juga,” pungkasnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0