Pementasan Drama Dorong Kreatifitas Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 11 Januari 2016 . 09:00:11

 

UNG (HUMAS) – Fakultas Sastra dan Budaya Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo gelar pementasan drama di gedung Indoor UNG Jumat (08/01) hingga Sabtu (09/11). Kegiatan yang merupakan yang dilaksanakan bagi mahasiswa Bahasa Inggris semester Lima yang mengambil matakuliah Drama.

Menurut Dosen Pengampuh Mata Kuliah Drama Farid Muhamad, S.Pd, M.A mengungkapkan pementasan drama ini bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa di bidang Drama.

Dalam Silabus matakuliah Drama kata Farid “telah diprogramkan bahwa mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang elemen-elemen drama, mampu mengkaji drama yang nantinya akan digunakan dalam penyusunan skripsi terkait Drama maupun karya sastra, serta mampu mementaskan drama tersebut,” ungkapnya.

Adapun mahasiswa yang mementaskan Drama kali ini terdiri dari Lima kelas, dimana masing-masing kelas mementaskan dua jenis drama yakni drama local maupun yang drama karya mahasiswa itu sendiri serta drama yang diadopsi dari drama, novel, cerita-cerita Inggris maupun Amerika.

“Jadi mereka bisa tampil diatas pentas, secara nyata menghidupkan karya-karya drama yang mereka ciptakan sendiri,” lanjut Farid.

 

 

Selain itu, Ketua Panitia kegiatan pementasan Drama Sandi Sutrisno mengatakan persiapan Drama ini telah dilaksanakan oleh para mahasiswa selama lima bulan terhitung sejak dikontraknya matakuliah ini. Mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Drama ini sebelumnya diberi bekal teori terkait Drama dan Karya Sastra, baru kemudian diberi waktu setengah semester untuk latiahan serta memersiapkan acara pementasan drama mereka sehingga dapat dipastikan pementasan Drama ini murni hasil karya mahasiswa.

“Melalui kegiatan ini, selain kita mendapatkan pengetahuan lebih tentang drama serta mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil karya kita, kita belajar saling memahami, bekrja sama, kerja tim,” kata Sandi.

Pementasan Drama bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester lima ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011. Sehingga kegiatan ini menjadi agenda Jurusan yang dinamai Art Fair yang rencananya akan dilanjutkan dengan kegitan CCU (Cross Cultural Understanding) bagi mahasiswa semester III Jurusan Bahasa Inggris. Terdapat sepuluh Drama menarik dan luar biasa dipentaskan pada kegiatan ini. Kesepuluh Drama tersebut adalah The Legend Ends, Fajar dalam Gelap, Assalamualaikum Hulonthalo, Gie 2, Tabubalenya Bentor Van Deer Wijk, Am I Rapunzel?, Roma dan Juleha, Lentera Hijau, Detergen, dan Magic Love? “Beware”. (susan)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0