Pemda Pohuwato Gandeng UNG Cegah Penularan Covid-19 di Masyarakat

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 9 November 2020 . 11:43:56

 

GORONTALO – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menggandeng Universitas Negeri Gorontalo dalam mencegah penularan Corona Virus 2019 (Covid-19) di lingkungan Massyarakat Kab. Pohuwato. Keterlibatan UNG dalam penanganan Covid-19 di Pohuwato melalui penyusunan naskah akademik rancangan peraturan daerah tentang pedoman penerapan disiplin protocol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19 berbasis kearifan lokal di Kab. Pohuwato.

Menurut Sekretaris Daerah Kab. Pohuwato Drs. Iskandar Datau, Pemerintah Kab. Pohuwato tengah menseriusi penanganan pandemic Covid-19, yang dituangkan melalui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pedoman penerapan disiplin protocol kesehatan dengan berbasis kearifan lokal.

“Melalui Focus Group Discussion, Pemda Pohuwato ingin segera mematangkan Ranperda ini dengan melibatkan akademisi UNG. Kami memilih UNG sebagai mitra agar ada dasar pijakan yang jelas dalam penyusunan Ranperda melalui riset yang dilakukan peneliti UNG,” ungkap Iskandar.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemda Pohuwato, yang menjadikan UNG sebagai mitra dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di Pohuwato. 

“Sebagai institusi akademik UNG berkomitmen memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat, baik itu dalam hal keilmuan, riset dan pengabdian yang dituangkan dalam naskah akademik,” ujarnya

Dalam kesempatan itu, Karmila turut memberikan apresiasi atas keseriusan Pemda Pohuwato dalam penanganan penyebaran Covid-19 yang diwujudkan melalui Ranperda. Menurutnya Karmila Pemda tidak boleh lengah dalam menghadapi kondisi Pandemi, dibutuhkan sebuah produk hukum seperti Peraturan Daerah untuk menguatkan penangananya di lingkungan masyarakat.

“Penanganan pandemic Covid-19 berbasis kearifan lokal sangatlah penting, karena setiap kondisi daerah itu berbeda-beda baik itu dari segi kebiasaan, kebudayaan dan lainnya. Diharapkan dengan terbitnya Perda ini penanganan pencegahan penularan Covid-19 di Pohuwato akan semakin baik lagi,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0