Pembentukan UKM Pengawal Ideologi Bangsa Didukung Penuh Rektor

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Oktober 2019 . 14:49:43

 

GORONTALO., Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Eduart Wolok, ST, MT menerima audiensi pengurus organisasi ekstra kampus yang tergabung dalam Cipayung plus pada Jum’at 18 Oktober 2019 di Ruang Rapat Rektorat Universitas Negeri Gorontalo. Adapun organisasi ekstra yang tergabung dalam Cipayung plus tersebut adalah HMI, IMM, GMNI, LMND, GMKI, KAMMI, dan KMHDI.

Kedatangan perwakilan organisasi ekstra kampus tersebut dalam rangka mendorong pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) di Universitas Negeri Gorontalo. UKM PIB sendiri adalah amanah dari Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNG sangat mengapresiasi rencana pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa (UKM PIB) yang diusulkan oleh Cipayung Plus Gorontalo. Rektor berharap dengan adanya UKM PIB ini bisa memberikan pemahaman kebangsaan yang mendalam terhadap para mahasiswa.

“Permenristekdikti 55 Tahun 2018 ini adalah upaya Kemenristekdikti untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan ideologi bangsa dan mencegah paham radikalisme dan intoleransi berkembang di kampus. Nantinya, UKM PIB berisi perwakilan dari masing-masing organisasi ekstra kampus, tiap organisasi ekstra kampus satu perwakilan. Saya mendukung penuh pendirian UKM PIB ini, sebab akan melahirkan kolaborasi mahasiswa ekstra kampus dengan intra kampus,” ungkap Rektor.

Arlan selaku Ketua Umum HMI Cabang Gorontalo yang mewakili Cipayung Plus menyampaikan bahwa UKM PIB ini selain menegaskan pancasila sebagai sebagai sandaran moral etis dan falsafah hidup dalam laku sosial dan pola pikir mahasiswa juga untuk menekan masuknya paham radikalisme dan intoleransi dikampus. Kelompok Cipayung Plus berharap Rektor UNG terpilih bisa mendukung pembentukan UKM PIB ini.

Dalam kesempatan yang sama, kelompok Cipayung Plus ini juga mengucapkan selamat atas pelantikan Dr. Eduart Wolok, ST, MT sebagai Rektor UNG untuk periode 2019-2023. Pertemuan tersebut berlangsung selama dua jam. Turut serta dalam kegaiatan audiens tersebut adalah Ketua HMI Cabang Gorontalo Arlan, Ketua GMNI Mais Nurdin, Ketua LMND Rizal Laiya, Ketua KAMMI Ahmad Randi. Ketua GMNI Ricardo Situmorang, Ketua KMHDI Dewa Darma dan IMM di wakili oleh Shihab. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0