Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Tingkatkan Kualitas SDM di Kawasan Teluk Tomini

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Oktober 2023 . 17:14:52

GORONTALO - Pengembangan kawasan teluk Tomini merupakan salah satu program Universitas Negeri Gorontalo, sebagai upaya mempersempit kesenjangan pembangunan di kawasan timur dan barat Indonesia. Dalam upaya tersebut salah satu Guru besar UNG memiliki gagasan terkait peningkatan kualitas manusia dikawasan tersebut untuk mendukung terwujudnya pembangunan kawasan teluk Tomini.

Prof. Karmila Mahmud, M.A.,Ph.D., menyampaikan gagasan terkait peningkatkan kualitas manusia dengan judul Artificial Intelligence (AI), friend or enemy: peluang dan tantangan peningkatan kualitas manusia di kawasan Teluk Tomini. Gagasan tersebut disampaikan pada sidang terbuka senat orasi ilmiah guru besar di lingkungan UNG, Kamis (12/10).

Menurut Karmila upskilling dan reskilling SDM sangat dibutuhkan agar masyarakat di kawasan teluk tomini, bisa memperoleh pekerjaan yang masih dibutuhkan dan akan bertahan di era society 5.0. Olehnya pemberdayaan pendidikan harus terarah, terkini dan berkualitas sehingga menciptakan manusia yang mampu beradaptasi dan bertahan di era society 5.0 sekarang ini.

"Yang dimaksud society 5.0 yakni masyarakat yang berpusat kepada manusia, yang mampu menggunakan teknologi terkini seperti artificial intelligence. Teknologi ini digunakan untuk memecahkan masalah kompleks dan meningkatkan harkat hidup," jelas Karmila.

Sebagai salah salah satu perguruan tinggi terbaik di Sulawesi, UNG bertanggung jawab menyiapkan SDM berkualitas dikawasan teluk Tomini yang menjadi program unggulan UNG. SDM yang dimaksud yakni masyarakat produktif dan menguasai teknologi yang telah berspesifikasi cutting-edge seperti artificial intelligence, agar mampu bertahan, menjawab tantangan serta memanfaatkan peluang pada industrial 4.0 dan society 5.0.

"Ada dua tugas besar UNG menyiapkan SDM produktif dan menguasai artificial intelligence di kawasan teluk tomini, yaitu meningkatkan digital literacy dan English literacy. Kedua hal ini indeks pencapaian masih perlu mendapat perhatian khusus," jelas Karmila. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0