MPA Alaska Mulai Perkenalkan Olahraga Orienteering ke Masyarakat

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 November 2017 . 09:51:11

 

GORONTALO - Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Teknik Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Alaska, terus memfasilitasi pengembangan kompetisi olahraga Orienteering bagi masyarakat Gorontalo. Kompetisi olahraga yang memanfaatkan peta dan kompas tersebut, dilaksanankan MPA Alaska melalui gelaran Sprint Celebes 1942 Jilid III tingkat Nasional, Selasa (7/11),.

Ketua Panitia Sprint Celebes 1942 Rahmat Hidayat menuturkan, kegiatan kompetisi Orienteering merupakan wadah untuk memperkenalkan jenis olahraga Orienteering kepada masyarakat. Terlebih dikalangan masyarakat Gorontalo, jenis olahraga tersebut masih kurang terkenal jika dibandingkan dengan Daerah lain yang cukup populer.

"Di Gorontalo sendiri olahraga Orienteering hanya populer dikalangan Mahasiswa pencinta alam. Dan melalui event Sprint Celebes ini, kami berupaya memperkenalkan sekaligus mempopulerkan di kalangan masyarakat Gorontalo," ungkap Rahmat.

Tujuan lain dilaksanakan Sprint Celebes kata Rahmat, untuk memperkuat nyali silaturahmi khususnya antar sesama mahasiswa pecinta alam. Serta wadah untuk melahirkan atlet-atlet Orienteering di Indonesia khususnya Prov. Gorontalo.

"Bentuk perlombaannya menggunakan peta dan kompas untuk menyelesaikan misi tertentu. Dan kompetisi ini membutuhkan konsentrasi tinggi serta fisik dan mental yang kuat. Selain itu juga untuk menguji ketepatan dan keakuratan untuk bisa menyelesaikan misi," jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Supardi Nani, S.Pd, M.Si, menyambut positif Sprint Celebes yang diinisiasi MPA Alaska UNG. Supardi mengharapkan, kegiatan Orienteering dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman dalam menjaga kelestarian alam.

Salah satu yang terpenting pada kompetisi olahraga ini kata Supardi, untuk membangkitkan semangat dan jiwa sportifitas dalam menyelesaikan kompetisi hingga akhir. "Yang utama dicari dalam kompetisi bukanlah juara. Namun bagaimana kompetisi ini dapat memberikan pengetahuan serta pengalaman yang lebih, dalam membekali setiap individu," pungkas Supardi. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0