Masyarakat Desa Kaidundu Barat Dibekali Tentang Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 23 Agustus 2023 . 11:19:21

GORONTALO – Banyaknya masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, mendorong mahasiswa UNG yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan edukasi terkait penanggulangan bencana. Pemberian edukasi tersebut dilakukan melalui seminar mitigasi bencana berbasis kearifan lokal di Desa Kaidundu Barat Kabupaten Bone Bolango.

Seminar ini bawakan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Prof. Karmin Baruadi M. Hum dan Dr. Sunarty Eraku, M.Pd., memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, kaki gunung dan pinggiran pantai yang berpotensi terkena bencana alam secara langsung.

Ketua pelaksana Nur Rahmat mengatakan bahwa kegiatan seminar, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara penanganan bencana jika terjadi bencana alam seperti banjir, longsor, ombak besar atau tsunami.

“Selain melaksanakan program kerja KKN Tematik UNG, kami juga ingin memberikan pemahaman masyarakat untuk peduli terhadap kondisi lingkungan,”jelasnya.

Rahmat berharap pengetahuan tentang penanganan bencana yang diperoleh masyarakat, dapat diimplementasikan secara baik ketika berhadapan dengan berbagai bencana alam sehingga dapat meminimalisir kerusakan maupun korban jiwa.

“Kami berharap agar peserta seminar memahami bagaimana cara mengatasi atau menanggulangi bencana. Selain itu juga dapat memahami peran, fungsi dan tanggung jawabnya sabagai masyarakat dalam penanganan bencana guna menjaga alam dan lingkungan dengan baik,” pungkasnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0