Mahasiswa Menginisiasi Pembentukan Klinik Pelayanan Publik di Desa Molas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Maret 2022 . 13:49:58

GORONTALO – Dalam upaya melestarikan nilai-nilai kepercayaan dan membudayakan kualitas pelayanan publik di lingkungan masyarakat desa, mahasiswa S1 administrasi publik fakultas ilmu sosial melalui program KKN Tematik Desa Membangun membentuk klinik pelayanan publik di Desa Molas Kecamatan Bongomeme. Bahkan untuk memaksimalkan peran klinik pelayana publik tersebut, mahasiswa juga membentuk organisasi pengelolaan Klinik Pelayanan Publik.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Yacob Noho Nani, S.Pd.,M.Si, mengungkapkan klinik pelayanan publik merupakan bagian dari Kegiatan KKN Tematik Desa Membangun, untuk Program MBKM Mandiri “Proyek Desa”. Kehadiran klinik tersebut sebagai upaya pembentukan dan pengelolaan model kelembagaan pelayanan publik ditingkat bawah dan atau level masyarakat desa.

“Ini juga sebagai sarana aspirasi bagi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masayarakat  di Desa Molas Kecamatan Bongomeme,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pengabdian klinik pelayanan publik kata Yacob, akan dilakukan pemberian pengetahuan yang disertai praktek, atau pelatihan pembentukan dan pengelolaan klinik pelayanan publik yang dilakukan mahasiswa bersama pemerintah dan masyarakat desa.

“Tahapan yang dilakukan antara lain melalui sosialisasi tentang pentingnya kelembagaan klinik pelayanan publik, kemudian pembentukan dan pengisian perangkat organisasi klinik pelayanan publik. Setelah itu akan dilakukan pendampingan tugas dan fungsi kelembagaan serta manajemen organisasi klinik pelayanan publik,” terangnya.

Menurutnya, target akhir dari program kkn tematik desa membangun program mbkm mandiri proyek desa yakni, terbentuknya organisasi klinik pelayanan publik di desa Molas sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat nilai budaya dan eksistensi kelembagaan klinik pelayanan publik.

“Target lain dari program ini untuk terwujudnya pelayanan publik secara transparan dan berkualitas serta terjangkau pada level bawah yakni Desa,” pungkasnya. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0