Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Beri Layanan Deteksi Dini Penyakit Katarak

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Agustus 2023 . 11:44:21

GORONTALO – Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) profesi kesehatan, memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Jumat (18/8). Layanan kesehatan yang dilakukan, berupa deteksi dini penyakit katarak yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat.

Koordinator Desa (Kordes) mahasiswa KKN profesi kesehatan Desa Bongo Mohamad Ramdan menyampaikan bahwa kegiatan deteksi dini penyakit katarak, merupakan program kerja inti dari mahasiswa KKN profesi kesehatan. Program deteksi katarak dan layanan kesehatan ini dilakukan bermitra dengan kader-kader kesehatan yang ada di Desa Bongo.

“Deteksi penyakit katarak merupakan program kerja inti kami, mengingat Desa Bongo merupakan wilayah pesisir pantai yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu dari katarak yang berasal dari efek paparan sinar matahari yang berlebih.” Ujar Ramdan.

Selain fokus melaksanakan program deteksi dini penyakit katarak di masyarakat, KKN profesi kesehatan angkatan 2 juga melaksanakan program tambahan berupa pemeriksaan gratis khususnya pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol.

Program yang dilakukan oleh mahasiswa mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Bongo Bachtiar M. Yunus. Menurutnya pemerintah desa dan masyarakat setempat menyambut baik layanan kesehatan tersebut, yang diharapkan kedepannya dapat terus dilanjutkan untuk membantu masyarakat. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0