Mahasiswa KKN Desa Lopo Sosialisasikan Produk Olahan Ikan Oci untuk Cegah Stunting

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Juni 2023 . 12:20:26

GORONTALO - Dalam menekan angka stunting di Desa Lopo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo menerjunkan mahasiswa KKN Tematik Tahun 2023 dengan tema Membangun Desa. Desa Lopo menjadi salah satu lokasi pelaksanaan KKN Tahap I Periode Genap Tahun 2023. 

Mahasiswa KKN memprogramkan kegiatan edukasi pencegahan stunting dengan fokus sasaran kegiatan meliputi ibu hamil, anak-anak balita dan kader-kader kesehatan desa. Kegiatan edukasi yang dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan pemenuhan gizi spesifik dan sensitif, serta pengenalan produk olahan yang dapat membantu gizi anak dari hasil laut ikan oci.

Ikan Oci atau Ikan Selar Kuning memiliki nama ilmiah selaroides leptolepis ini ternyata punya banyak kandungan nutrisi yang melimpah. Diantaranya  protein, kalsium, sodium, potasium, Vitamin D, Vitamin A, zat besi, omega 3, dll.  

“Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi pada ibu hamil dan balita. Pemenuhan gizi yang baik dapat mengatasi peningkatan angka stunting di Desa Lopo" kata Koordinator Desa Sunaryo Gafur, mahasiswa jurusan Farmasi Fakultas Olahraga dan Kesehatan.

Melalui produk nugget hasil olahan produk kami beri nama NICIPO (Nugget Ikan Oci Lopo), Ia berharap dapat menjadi usaha kecil bagi warga Desa Lopo yang dapat dijual untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain pencegahan stunting, mahasiswa KKN Desa Lopo memprogramkan kegiatan pengolahan sampah dan pembuatan bank energi. Nelayan sekitar dapat memanfaatkan bank energi berupa alat charger aki dengan gratis di Kantor Desa.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0