Mahasiswa KKN Branding Wisata Bahari dan Kearifan Lokal Desa Lobuto

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 Agustus 2023 . 09:37:51

Wisata Bahari lagi gencar-gencarnya diperkenalkan di Desa Lobuto Kabupaten Gorontalo. KKN Universitas Negeri Gorontalo yang tahun ini menempati Desa Lobuto mendukung pengembangan pariwisata desa dengan menyelenggarakan  kegiatan pelatihan pengembangan pariwisata berbasis digital yang digelar pada Senin (1/8) di pesisir pantai Maleu, Desa Lobuto, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan tersebut termasuk dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membangun Desa dengan judul “Pelatihan Pemasaran Wisata Desa Lobuto Kecamatan Biluhu Sebagai Indikator City Branding Berbasis Digital”. Prof. Rieny Sulistijowati yang merupakan DPL Desa Lobuto mengatakan bahwa pantai di Desa Lobuto memiliki keindahan dan air yang jernih, tidak kalah dengan pariwisata di luar Gorontalo. Wisata laut atau wisata bahari ini bisa dipadankan dengan kearifan lokal seperti tarian penyambutan Tari Saronde atau Tari Dana-Dana, perayaan Maulud Nabi Walima, acara adat Dutu dan Tolobalango.

Pemasaran pariwisata Desa Lobuto perlu dilakukan dengan branding untuk membangun citra dan prestise agar mudah diingat. Media digital sangat membantu dalam pemasaran pariwisata di Desa Lobuto. “Jika masyarakat menggunakan Youtube, Instagram, atau Tiktok dengan caption dan hashtag yang menarik, maka tidak menutup kemungkinan akan mengundang wisatawan,” ujar Gita Juniarti., S.Kom.I., M.I.Kom yang juga menjadi DPL.

Pelatihan pemasaran ini menghasilkan konten pariwisata yang dipublikasikan via akun Tiktok @wisatamaleudesalobuto, Instagram @wisatamaleu, dan Youtube Pantai Wisata Maleu. Akun media sosial ini dilaunching oleh Pemerintah Desa Lobuto dan selanjutnya akan diteruskan update konten pemasarannya oleh Karang Taruna Pemuda Desa. 

"Diharapkan branding pariwisata ini tidak berhenti walau kami (mahasiswa KKN) sudah selesai pengabdian disini. Semoga awal yang baik ini dapat meningkatkan nilai pariwisata bahari Pantai Maleu sehingga semakin dikenal dan akhirnya mengundang kunjungan wisatawan, sehingga akhirnya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Lobuto" ujar Wahyudin Djou, mahasiswa KKN Universitas Negeri Gorontalo.

Lebih lanjut Wahyudin berharap media ini menjadi penunjang dalam memasarkan destinasi Wisata Pantai Maleu berbasis digital. Berkembangnya teknologi terutama banyaknya pengguna media sosial pada saat ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan dimanfaatkan, sehingga digital marketing menjadi dasar strategi kami dalam memasarkan destinasi Wisata Pantai Maleu Desa Lobuto. "Sampai saat ini kami dalam proses pendampingan dan pengembangan pemasaran digital kepada karang taruna desa lobuto sebagai pemuda pengelola pantai" ujar Wahyudin.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0