Mahasiswa Informatika Peroleh Bantuan Program Hibah Bina Desa Kemristekdikti

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 September 2017 . 09:00:35

Beri Pelatihan Peningkatan Hasil Penjualan Memanfaatkan Media Online

 

 

GORONTALO - Mahasiswa Jurusan Informatika yang tergabung dalam kelompok UKM Seniorti berhasil menjadi satu-satunya kelompok mahasiswa UNG yang berhasil memperoleh Program Hibah Bina Desa (PHBD) Kementerian Ristekdikti. Program pengabdian mahasiswa Informatika dalam pembinaan Desa tersebut, berfokus pada pelatihan dan pembinaan industri kreatif tradisional Kawaro di Desa Mongolato Kecamatan Telaga.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan, Rabu (27/9), di Aula Kantor Desa Mongolato Kecamatan Telaga Telaga berupa pelatihan teknologi informasi kepada perajin karawo, untuk peningkatan hasil penjualan perajin karawo sebagai upaya mempertahankan eksistensi industri kreatif tradisional.

Dosen Pembimbing Kelompok UKM Seniorti Roviana Dai, S.Kom, MT, mengungkapkan, program pelatihan dan pembinaan industri karawo dipilih sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensi perajin karawo yang ada di Desa. Melalui pelatihan teknologi informasi semacam ini, para perajin didorong untuk lebih berkembang secara mandiri.

"Mereka kita dorong untuk bergerak secara mandiri, dengan melakukan aktifitas produksi dan penjualan secara mandiri memanfaatkan proses penjualan secara online," ungkap Roviana.

Tidak hanya sekedar melakukan pelatihan nantinya UKM Seniorti juga akan melakukan pendampingan selama beberapa minggu, dalam memaksimalkan pelatihan teknologi informasi dalam peningkatan hasil penjualan perajin karawo. "Proses pendampingan hingga evaluasi akan terus dilakukan, untuk memaksimalkan program ini," terang Roviana.

Camat Telaga Udin Pango, ST, M.Si, menyambut baik pelatihan yang dilaksanakan oleh UKM Seniorti mahasiswa Jurusan Informatika. Menurutnya melalui program ini, banyak manfaat diperoleh para perajin karawo yang bertujuan meningkatkan hasil perajin karawo. Terlebih pada proses desain hingga pemasaran akan mendapatkan pendampingan dari mahasiswa Informatika.

Sementara itu Ketua Jurusan Informatika Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs, menuturkan untuk program PHBD Kemristekdikti, Jurusan Informatika terus melakukan pembimbingan secara intensif kepada mahasiswa dalam meloloskan proposal tersebut, baik itu melalui penyiapan proposal hingga kunjungan ke Desa. Proses seleksinya dilakukan dalam 3 tahap yakni tahapan seleksi proposal, konten hingga presentasi. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0