Mahasiswa Harus Menjadi Teladan Perangi Radikalisme, Terorisme, Korupsi dan Narkoba

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 Oktober 2021 . 08:32:55

GORONTALO – Permasalahan paham radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba saat ini masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi Negara. Butuh penanganan serius dan terintegrasi melalui keterlibatan seluruh masyarakat khususnya mahasiswa sebagai generasi muda.

“Radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba adalah permasalahan yang ada disekitar kita. Para generasi muda khususnya mahasiswa sebagai kaum intelektual harus bisa mengambil peran sebagai garda terdepan dalam memerangi masalah itu,” ungkap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karmila Mahmud, M.A, Ph.D, saat membuka kegiatan webinar pembinaan karakter dan nasionalisme.

Menurut Karmila, generasi muda terkadang menjadi subjek dan objek dari masalah radikalisme, terorisme, korupsi dan narkoba. Olehnya generasi muda khususnya mahasiswa perlu diberikan pemahaman terkait penyebab maupun gejalanya sehingga dapat dilakukan pencegahan sejak dini.

“Webinar pembinaan karakter dan nasionalisme merupakan langkah yang baik, dalam memberikan penguatan kepada mahasiswa melalui pemberian pengetahun dan pemahaman secara intensif,” ujar Karmila.

Dengan baiknya karakter serta nasionalisme, maka tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh mahasiswa yakni menjadi role model atau teladan bagi keluarga dan masyarakat. Diantaranya dengan senantiasa menerapkan perilaku individu yang berkarakter kuat dan memiliki semangat nasionalisme.

“Berikan pemahaman bagi diri sendiri. Setelah itu jadilah teladan bagi masyarakat agar radikalisme, terorisme, korpusi dan narkoba dapat dilawan bersama dan saling bahu-membahu,” pungkas Karmila. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0