Mahasiswa Didorong Kembangkan Hasil Penelitian Menjadi Buku

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 18 Maret 2024 . 10:43:50

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo melalui UPA Perpustakaan senantiasa mendorong mahasiswa, dalam mengembangkan hasil penelitian yang dilakukan dalam bentuk buku. Upaya tersebut dilakukan UPA Perpustakaan dengan menggelar Bincang Literasi dengan tema “Tips dan Trik Mengembangkan Hasil Penelitian Menjadi Buku di Perguruan Tinggi”, Jum’at (15/3), bertempat di kantor UPA Perpustakaan, Kampus IV UNG.

Kepala UPA Perpustakaan menjelaskan pemberian tips dan trik pengembangan hasil penelitian, merupakan bentuk komitmen dalam mendorong serta memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan karya buku dari hasil penelitian yang dilakukan. Menurutnya hasil penelitian mahasiswa dalam bentuk skripsi, tesis dan disertasi memiliki nilai manfaat akademik jika dikembangkan dalam bentuk buku.

"UPA Perpustakaan juga akan memfasilitasi mahasiswa dalam penulisan buku, dengan menyiapkan layanan untuk konsultasi dan pembiayaan. Ini merupakan cara agar supaya mahasiswa tertarik untuk mengkonversi hasil penelitian mereka menjadi buku,” ungkap Ismet.

Wakil rektor bidang akademik Dr. Abdul Hafid Olii, M.Si., mengapresiasi komitmen UPA Perpustakaan, yang berkomitmen untuk mendorong pengembangan karya tulis mahasiswa. Ia berharap kegiatan semacam dapat konsisten dilaksanakan sehingga dapat memotivasi mahasiswa menghasilkan buku akademika yang memberikan nilai manfaat bagi masyarakat.

"Buku itu merupakan jendela dunia, sehingga ketika buku ini jadi Insya Allah akan memberikan banyak manfaat dan bisa dibaca oleh orang-orang, baik bagi perguruan tinggi maupun bagi masyarakat,” ujarnya.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0