Mahasiswa Berikan Edukasi Pentingnya Sanitasi dan Higiene untuk Pengolahan Udang Vaname

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 23 Agustus 2023 . 19:15:18

GORONTALO – Dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya sanitasi dan higiene terhadap pengelolaan makanan, mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UNG memberikan edukasi sanitasi dan higiene terhadap penanganan dan pengolahan udang vaname, Senin (7/8). Edukasi terkait pengolahan udang vaname karena udang jenis ini banyak dibudidayakan oleh masyarakan Desa Mootinelo dan keberadaannya melimpah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Posko Desa Mootinelo menghadirkan Dosen UNG Dr. Asri Silvana Naiu, S.Pi, M.Si sebagai pemateri. Menurut Asri sanitasi dan higiene sangat penting dalam penanganan udang vaname.

“Sumber penyakit itu tidak hanya berasal dari olahan produksi, melainkan dari tahap awal penanganan udang vaname itu sendiri,” ungkap Asri.

Menurutnya kasus keracunan akibat mengkonsumsi makanan yang keamanannya tidak terjamin dapat diantisipasi dengan upaya pencegahan terjadinya kontaminasi, baik kontaminasi yang berasal dari mikroorganisme, kimia maupun faktor fisik. Pencegahan terhadap kontaminasi ini dapat dilakukan dengan penerapan sanitasi dan higiene yang baik terhadap semua tahap proses pengolahan hasil perikanan.

Muh. Azrul Syamsah H. Sunani selaku mahasiswa Koordinator Desa menyampaikan selain program kerja edukasi, kelompok mahasiswa memiliki kegiatan lainnya di desa meliputi lomba kemerdekaan, kebersihan desa, kegiatan keolahragaan dan pembuatan atribut desa.

Selain memberikan informasi kepada petani udang dan UMKM, pada kegiatan edukasi ini turut memberikan pelatihan dalam menerapkan cara produksi makanan yang baik dan pendampingan proses produksi hingga pengemasan produk sesuai standar mutu keamanan. Diharapkan kedepannya masyarakat Desa Mootinelo dan sekitarnya dapat meningkatkan peluang pasar untuk produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0