Magister Administrasi Pendidikan Laksanakan Diklat Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran untuk Guru

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 1 Desember 2021 . 13:18:18

GORONTALO – Dalam mendukung pemanfaatan teknologi pada kegiatan kegiatan pembelajaran di masa pandemi covid-19, program studi magister administrasi pendidikan menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para guru sekolah. Kegiatan diklat difokuskan pada penggunaan google master traine level 1 dalam mewujudkan pembelajaran yang menarik, efektif dimana sana dan kapan saja.

Ketua panitia diklat Supandri Y. Thoiba mengungkapkan pelatihan ini dimaksudkan untuk pemanfaatan dan penggunaan pembelajaran daring dan luring yang secara berkesinambungan, yang bertujuan untuk menggerakkan kreativitas guru dan pengenalan IT yang akan bermanfaat pada pembelajaran untuk peserta didik dengan belajar dari mana saja.

“Dalam diklat guru dapat menerapkan secara maksimal pembelajaran daring, kemudian adapat memanfaatkan media pembelajaran daring seperti, situs ruang guru, rumah belajar kemdikbud dan classroom serta penggunaan akun belajar.id,” ungkapnya.

Ketua prodi magister administrasi pendidikan Dr. Arifin Suking, M.Pd, mengatakan tema yang dipilih pada kegiatan diklat sangat relevan dengan kondisi yang dihadapi dunia pendidikan saat ini. Dimana dalam kondisi pandemic covid-19 menuntut dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi, dengan memanfaatkan teknologi dan IT dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah.

“Ini merupakan bentuk komitmen dari prodi magister administrasi pendidikan dalam mendukung perkembangan dunia pendidikan di gorontalo, dengan memaksimalkan penerapan pembelajaran daring untuk para guru,” terang Arifin.

Menurut Arifin diklat merupakan bagian dari output mata kuliah dari mahasiswa dalam merancang kegiatan diklat maupun pelatihan. Mahasiswa diharuskan melakukan tahap analisis kebutuhan dunia pendidikan, selanjutnya melaksanakan kegiatan diklat untuk kemudian setelahnya melakukan evaluasi apakah diklat telah memberikan kontribusi pada perkembangan pendidikan.

Pelaksanaan diklat google master traine level 1 akan memberikan materi Perilaku Motivasional Guru dan Aktualisasinya dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Web di Era Digitalisasi, Google Workspace for Education dan Perspektif Teknologi Informasi Melalui Pembelajaran Online di Era Revolusi Industri 4.0. (**)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0